BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan AHM

Uji Nyali, 40 Rider Trabas Trek Terjal di Semarang

Kompas.com - 15/07/2019, 08:30 WIB
Terlihat para peserta Broventure sedang kesusahan menerabas tanjakan di Gunung Pati, Ungaran, Semarang, Sabtu (14/7/2019).KOMPAS.com/Lutfi Terlihat para peserta Broventure sedang kesusahan menerabas tanjakan di Gunung Pati, Ungaran, Semarang, Sabtu (14/7/2019).

KOMPAS.com - Sekitar 40 motor trail terlihat menguji nyali dengan menerabas jalur yang terjal, menantang dan memicu adrenalin sejauh 78 kilometer (km).

Melaju dengan agresif, mereka memacu sepeda motornya di jalan tanah dan berbatu yang membelah perkebunan karet wilayah Gunung Pati, Ungaran, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2019).

Usut punya usut rupanya 40 rider yang terdiri dari komunitas motor trail, jurnalis dan blogger itu sedang mengikuti tantangan Broventure Touring yang digagas PT Astra Honda Motor (AHM).

"Dibanding tahun lalu, trabasan atau touring motor trail tahun ini treknya, terutama sesi kedua lebih sulit dan menantang, tapi tetap fun," kata Wahyu (45) salah satu anggota komunitas Trail Offroad Semarang Independent (Torsi) kepada Kompas.com.

Baca jugaTouring Motor Malam hari dari Kacamata Safety Riding

Menurutnya fun, karena di jalur touring trabasan peserta diajak melewati trek yang tantangannya sangat menguji nyali.

Contohnya pada sesi pertama, ada satu tanjakan tinggi dengan kemiringan sekitar 35 derajat bernama Tanjakan Ace-ace. Di tengah-tengah trek tanjakan, ada kayu balok melintang yang harus dilewati.

Sementara itu, aktor dan host adventure David John yang ikut dalam touring mengaku puas dengan event Broventure. Lelaki yang hobi dengan olahraga ekstrim ini bahkan terlihat sangat menikmati touring trabasan kali ini.

"Wah pokoknya seru. Untungnya cuaca mendukung jadi jalurnya enak, bisa buat speed dan touring bareng-bareng jadi enak," ujar David John.

Sama dengan Wahyu, aktor yang pernah bermain di film Talak 3 ini mengaku kesulitan melewati Tanjakan Ace-ace. Karena penasaran, David bahkan akhirnya mencoba berkali-kali melewati jalur tersebut sampai bisa.

Telihat salah satu peserta Broventure Touring sedang menerabas Tanjakan Ace-Ace di Gunung Pati, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2019).KOMPAS.com/Lutfi Telihat salah satu peserta Broventure Touring sedang menerabas Tanjakan Ace-Ace di Gunung Pati, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2019).

Perlu diketahui pada Broventure 2019 ini ada dua sesi touring. Etape pertama melalui trek sepanjang 50km dengan lajur yang ringan dan menyenangkan, kemudian dilanjutkan etape kedua sejauh 28km yang lajurnya medium dan lebih menantang.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya yang melepas peserta touring dari titik start ini mengatakan, kegiatan penuh tantangan yang menguji nyali ini digelar untuk mengajak peserta merasakan sensasi touring on-road maupun off-road dengan dukungan motor trail terbaik.

"Touring ini paket komplit. Trek menantang di setiap jalur yang dilewati. Ada lewat jalan pedesaan, tanah, aspal, bebatuan," kata Thomas saat memberikan sambutan di depan peserta touring di Astra Motor Semarang.

Performa motor mumpuni

Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya melepas peserta touring Broventure 2019KOMPAS.com/Mikhael Gewati Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya melepas peserta touring Broventure 2019

Perlu diketahui, semua peserta Broventure menggunakan motor trail Honda CRF150L untuk menaklukkan tantangan demi tantangannya.

Thomas pun menjelaskan alasan penggunaan motor trail tersebut karena berperforma tinggi dan tangguh di medan trek yang sulit, baik itu di tanah maupun bebatuan.

"Untuk trek sesulit ini, diperlukan performa motor trail yang mumpuni agar rider tetap enjoy dalam melibas segala bentuk tantangan di perjalanan," jelas Thomas.

Begitu pula dengan David John. Dia mengakui motor besutan Honda ini punya suspensi yang nyaman saat melibas trek bebatuan. Jadi tidak bikin ragu ia saat memakainya untuk keperluan offroad.

"Lewat trek batu-batuan, shockbreaker depannya enggak bunyi. Enak bisa meredam getaran dan power-nya juga cukup oke," tutup dia.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya