Plus-Minus Interior Hyundai Kona

Kompas.com - 14/07/2019, 15:02 WIB
Interior Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Kona

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya pada bagian luar saja, Hyundai Kona juga memiliki pesona menarik yang bisa dinikmati di interiornya. Kesan modern yang futuristik benar-benar gamblang disajikan.

Mulai dari desain dasbor, Hyundai membuat Sport Utility Vehicle (SUV) medium ini nampak kompak tetapi mewah. Terlebih pada bagian tengahnya yang disematkan head unit 9 inci dengan model floating.

Tambahan list warna merah atau hijau (tergantung pilihan warna mobil) yang disematkan pada beberapa titik di kisi-kisi AC, jahitan jok, sekitar tuas transmisi dan sabuk pengaman juga menambah kesan tersendiri. Hanya saja ruang penyimpanan pada bagian depan terbatas.

Interior Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Kona

Bagian setirnya sudah dilengkapi beberapa tombol pengaturan yang tersambung langsung ke head unit.

Tombol yang disajikan terbilang cukup sederhana dan fungsional yaitu meliputi pengatur besar-kecil suara, cruise control, pengatur MID, dan menjawab telepon masuk. Setir bisa bisa diatur secara tilt maupun telescopic.

Demi membantu penerangan di dalam kabin, Hyundai Kona memiliki dua lampu halogen di depan serta dua lampu halogen bantuan dekat vanity mirror. Khusus untuk lampu bantuan, sinarnya tidak begitu terang untuk membantu penerangan penumpang bagian belakang.

Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona

Hal paling menarik lainnya di interior Hyundai Kona ada pada bagian jok. Selain memiliki list tegas di sisi-sisinya dan sabuk pengaman, jok terbilang empuk dan nyaman. Bagian tengah jok dibuat dari fabric dengan bagian samping yang sedikit keras, sehingga bisa sedikit memeluk pengemudi dan penumpang bagian depan.

Pada bagian belakang, kenyamanan jok juga sama. Hanya saja posisi duduknya lebih tinggi.

Sayangnya, pengaturan jok masih manual baik untuk pengaturan ketinggian, rebah-tegak (reclining), maupun maju-mundur (sliding).

Namun hal itu dibayar dengan sabuk pengaman dan headrest yang bisa diatur posisinya. Sehingga pengemudi bisa mendapat posisi duduk yang ergonomis.

Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona

Baik pada kursi depan maupun belakang, ruang kaki dan kepala sangat mencukupi untuk postur 170 cm. Padahal dari luar mobil nampak mungil.

Terakhir adalah kapasitas bagasi Hyundai Kona. Di atas kertas, bagian paling belakang SUV ini mampu menampung hingga 361 liter atau 1.143 liter saat kursi bagian tengah terlipat rata. Pada kondisi normal, muatan itu mampu menampung satu koper berukuran besar atau dua koper berukuran sedang.

Kunci mobil Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Kunci mobil Hyundai Kona

Tetapi, seluruh pintu Hyundai Kona terbilang berat saat dibuka maupun ditutup. Untung saja pintu bagasi sudah bisa diperintahkan secara otomatis dengan cara menekan tombol yang berada pada remote kunci maupun handle pintu bagasinya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X