Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Interior All New Mazda3 Sedan dan Hatchback

Kompas.com - 12/07/2019, 15:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah pembahasan eksterior, kini pembahasan masuk ke pembahasan interior All New Mazda3. Mazda mengungkapkan desain Mazda3 terbaru ini lebih berkonsentrasi pada pengemudi.

Ini juga yang dirasakan saat pertama kali duduk di sisi driver. Seluruh tombol, dibuat dekat dengan jangkauan tangan pengemudi. Layar di dasbor pun memiliki sudut yang terarah ke pengemudi meski penumpang juga dapat melihat dengan baik.

Interior model sedan hadir dengan warna gelap yang dominan sedangkan untuk hatchback hadir dengan duo tone yakni burgundy dan hitam yang diaplikasikan hingga tempat duduk. Kualitas bahan yang digunakan pada interior Mazda3 terbaru termasuk mewah dengan penggunaan material kulit.

Secara umum, desain dasbor Mazda3 terbaru merupakan garis horisontal dengan sedikit elemen yang berada di dalamnya. Sebut saja lubang AC di sisi penumpang depan, terletak di bagian bawah nyaris tidak terlihat.

Posisi ini membuat kabin terasa fokus ke pengemudi meski menyusahkan penumpang karena kesulitan menemukan arah semburan angin AC yang nyaman.

Kembali ke dasbor, tombol pengaturan AC berada di bagian tengah dasbor namun nampak tidak dominan. Beragam tombol pengaturan justru ditempatkan Mazda di konsol tengah tepatnya satu area dengan tuas transmisi.

Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback. Interior All New Mazda3 hatchbackEMI Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback. Interior All New Mazda3 hatchback

Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback. All New Mazda3 sedanEMI Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback. All New Mazda3 sedan

Baca juga: EMI Optimistis Jualan Mazda3 Terbaru Laris

Misalnya tombol volume, rewind dan repeat audio dijadikan dalam satu dial. Akses ke menu sistem hiburan dan navigasi juga diletakkan pada dial besar dekat tuas transmisi yang mengingkatkan pada akses menu BMW.

Bagian tengah dasbor otomatis menjadi milik layar 8,8 inci. Layar ini berisi hiburan, navigasi, pengaturan kendaraan dan sistem koneksi dengan perangkat telepon seluler. Tambahan kenyamanan hadir dari 8 speaker 3 way untuk pengalaman hiburan yang maksimal.

Beranjak ke bagian pengemudi, kemudahan hadir dengan beragam tombol di lingkar kemudi. Tombol ini dapat mengakses hiburan (volume dan menu) serta info yang ingin ditampilkan pada layar TFT multi information display di meter cluster.

Akses fitur cruise control pun dapat dilakukan di bagian kanan dengan paddle shift sporty di belakang kemudi.

Untuk kenyamanan, Mazda menyiapkan slot penyimpan posisi jok yang dapat disetel dengan penggunaan tombol motorik. Pengaturan kemudi juga dapat dilakukan dengan leluasa hingga 10 mm.

Bicara mengenai kenyamanan jok, Mazda berhasil mendesain jok yang mengikuti bentuk tulang belakang yang memberi kenyamanan saat mengemudi. Catatan tersendiri hadir bagi jok baris kedua yang dirasa masih terlalu tegak untuk penumpang belakang.

Tes drive Mazda3 sedan dan hatchbackEMI Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback

Mengenai baris kedua ini, baik model hatchback dan sedannya tidak memberikan rasa istimewa layaknya baris pertama dengan ruang untuk kaki terhitung cukup lebar.

Penumpang baris kedua hanya mendapatkan kisi AC untuk kenyamanan yang membuat berada di baris kedua tidak terlalu menarik seperti di baris pertama.

Untuk kenyamanan, bagasi Mazda3 berukuran 374 liter. Baris keduanya dapat direbahkan untuk menambah ruang penyimpanan pada bagasi.

Detail kenyamanan lain adalah hadirnya sunroof pada model sedan maupun hatchbacknya. Sunroof ini dapat dibuka tutup dengan tombol yang terdapat pada bagian atas, menyatu dengan lampu kabin.

Tambahan lain adalah Mazda3 kini hadir dengan sensor penumpang untuk penggunaan seat belt yang akan menyala memperingatkan penumpang yang belum mengenakan sabuk pengaman.

Berikutnya, mari kita bahas mengenai performa All New Mazda3

Media test drive All New Mazda3Kompas.com Media test drive All New Mazda3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com