Berburu Xpander dan Avanza Seken

Kompas.com - 11/07/2019, 16:24 WIB
Mobkas Mobil88Stanly/Otomania Mobkas Mobil88

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan berkategori low multi purpose vehicle (LMPV) dengan kemampuan tujuh penumpang merupakan mobil yang paling banyak dicari konsumen Indonesia.

Di pasar mobil bekas ( mobkas), mobil di kelas ini mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Nissan Livina terus bersaing. Harganya juga tidak terpaut jauh, hanya saja jumlahnya yang terbatas.

Berdasarkan daftar yang dikumpulkan Kompas.com dari situs atau aplikasi jual beli mobkas Mobil88 (mobil88 e-store), Bursa Mobkas WTC Mangga Dua, serta beberapa diler serupa, rata-rata LMPV dibanderol Rp 150 juta sampai Rp 200 jutaan. 

Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina terbaru adalah model paling sulit dicari atau cepat laku.

Generasi terdahulu dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tahun 2013-2015 dihargai mulai dari Rp 130 juta sampai Rp 190 juta. Harga tentu dapat berubah tergantung pada tipe transmisi yang dipilih.

Baca Juga : Simak Mobil Bekas Harga Rp 100 Juta - Rp 150 Juta

Namun untuk model barunya, banderolan mobil tersebut langsung melonjak naik. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tahun 2019 baru bisa dipinang dengan kocek Rp 175 juta sampai Rp 210 jutaan. Rata-rata, mobil yang dijual adalah bertransmisi manual.

Sedangkan untuk pesaing beratnya yang juga memiliki tampang kembar, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina terbaru, bisa digarasikan dengan mahar Rp 230 juta sampai Rp 280 juta. Harga tersebut dikabarkan selalu mengalami peningkatan.

"Khususnya Nissan Livina baru karena memang masih jarang unitnya yang masuk pasar mobil bekas. Sekalipun ada, terjualnya seperti Xpander pada awal kehadirannya," kata salah satu penjual mobil bekas di Cipinang, Fadli, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Ini Daftarnya

Perlu diketahui, model lama Nissan Livina hanya dihargai sekitar Rp 125 jutaan saja.

Honda Mobilio tahun produksi sama yakni sekitar tahun 2013-2015 dibanderol Rp 133 jutaan. Namun untuk model barunya, konsumen harus siapkan kocek paling tidak Rp 190 juta.

Harga mobkas tujuh penumpang yang cukup stabil bila dibandingkan tahun lamanya dengan model baru adalah Suzuki Ertiga. Produksi tahun 2015-nya, rata-rata Ertiga dihargai Rp 140 jutaan. Sedangkan model barunya kini dibanderol mulai dari Rp 167 juta.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X