Bawa Banyak Barang, Perhatikan Kestabilan Berkendara

Kompas.com - 11/07/2019, 10:22 WIB
Sepeda motor menjadi sarana yang murah dan mudah untuk mudik.Warta Kota/ Nur Ichsan Sepeda motor menjadi sarana yang murah dan mudah untuk mudik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa banyak barang saat mengendarai motor memerlukan keahlian dalam berkendara. Sebab, bertambahnya barang bawaan, apalagi dalam jumlah besar, dapat mengganggu kestabilan saat sedang berkendara.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, dalam berkendara memang dibutuhkan keseimbangan yang pas agar dalam melakukan manuver di jalan raya bisa lebih stabil.

Baca juga: Ingat Potensi Bahaya Bawa Barang saat Naik Motor

"Jika kita membawa barang pada sepeda motor, sebaiknya memperhatikan beberapa hal, mulai dari ukuran barang bawaan hingga penempatannya," ujar Agus, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, barang bawaan tidak boleh lebih lebar dari setang kemudi, tidak boleh lebih tinggi dari kepala pengendara, dan tidak boleh lebih panjang dari sepeda motor.

Selain itu, disarankan untuk menempatkan barang bawaan di belakang pengendara dan pastikan diikat dengan aman dan kuat.

Baca juga: Angkut Barang Pakai Sepeda Motor, Enggak Boleh Sembarangan

"Sebaiknya tidak menempatkan barang bawaan di tempat yang mengganggu kemudi pengendara, misal digantung di setang atau ditaruh di depan pengendara. Kecuali untuk motor matik, bisa ditempatkan di dek depan," kata Agus.

Terakhir, Agus menyarankan untuk memastikan beban barang bawaan tidak terlalu berat. Sebab, dapat mengganggu pengendara saat bermanuver.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X