Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Terbaru Toyota-Daihatsu Berjenis Hibrida?

Kompas.com - 11/07/2019, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu memiliki badan riset bersama bernama Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) di Thailand. Tugas TDEM yaitu mengembangkan produk baru dari platform milik keduanya.

TDEM kemudian berkoordinasi dengan Emerging Market Compact Car Company (ECCC). Sehingga bukan tak mungkin, pengembangan yang dilakukan nantinya dapat berwujud mobil kembar semacam Avanza-Xenia dan dijual di Indonesia.

Baca juga: Dasar Kuat Mitsubishi Jual Outlander PHEV di Tanah Air

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (ATM), Anton Jimmi Suwandy, tidak menampik TDEM bertugas mendukung pengembangan teknik dan fabrikasi mobil baru. Namun mengenai produk yang bakal hadir di Indonesia masih perlu digodok lebih matang.

"TDEM adalah salah satu regional office kita yang support untuk development engineering dan manufactory, pastinya semua pengembangan harus kita bicarakan dengan prinsipal Toyota Motor Corporation (TMC). Bukan berarti TMC menyerahkan seluruh aktifitasnya ke TDEM, ada pembagian tugas di sana, tapi secara detail itu internal. Kalau bicara kolaborasi ke depannya kita masih bicara terus untuk melakukan kolaborasi dengan merek lain termasuk Daihatsu," kata Anton kepada Kompas.com, Selasa (9/7/2019).

New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengahdok TAM New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengah

Baca juga: Menanti Kelanjutan Nasib Toyota Sienta di Indonesia

TDEM memiliki berbagai divisi mulai riset dan pengembangan, hingga kompartemen teknik dan perakitan. TDEM akan mendukung ekspansi yang dibutuhkan Toyota-Daihatsu. Termasuk mengembangkan produk baru untuk kawasan ASEAN.

Melihat Toyota yang semakin gencar memperkenalkan mobil hibrida di Indonesia, membuat spekulasi bahwa bisa saja lahir produk kembar hibrid di Indonesia. Soal segmennya apa tentu akan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat.

"Sabar, belum saatnya kita sampai ke situ karena masih under planning," kata Anton.

Seperti diketahui, sejauh ini telah banyak produk kolaborasi antara Toyota-Daihatsu yang hadir di Indonesia, mulai dari Avanza-Xenia, duet Rush-Terios, Agya-Ayla, dan terakhir Calya-Sigra di segmen LCGC berkapasitas tujuh penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com