Incaran Kolektor, Harga Motor Bebek 2-tak Capai Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 11/07/2019, 07:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejayaan motor bebek 2-tak mungkin sudah habis. Namun, dengan populasinya yang semakin sedikit, motor ini malah jadi incaran para kolektor. Harga yang ditawarkan pun cukup tinggi

Sekarang, beberapa dari motor itu sudah banyak menjadi incaran para kolektor, seperti Yamaha F1ZR, Suzuki Tornado, atau Suzuki Satria.

Baca juga: Kemana Perginya Bebek 2-Tak, F1ZR, Force 1 dan Satria?

Reddy Dwi Prasetyo, pemilik bengkel GNR Motor di Bekasi, yang sering merestorasi motor bebek 2-tak, mengatakan, harga F1ZR cukup variatif, tergantung dari kondisinya.

"F1ZR sekarang berkisar antara Rp 3 jutaan sampai Rp 12,5 jutaan. Khusus edisi spesial, seperti Marlboro atau Caltex, harganya bisa mencapai Rp 10 jutaan hingga Rp 25 jutaan," ujar Reddy, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bebek 2-Tak yang Pernah Jadi Idola ABG 90-an

Andi, dari bengkel Blue Tech di Kendal, Jawa Tengah, yang biasa merestorasi bebek 2-tak Suzuki, juga menambahkan, Suzuki Satria bisa dibilang tidak memiliki harga pasaran.

"Untuk Suzuki Satria Lumba-lumba saja, harganya bisa di atas Rp 3 jutaan sampai Rp 8 jutaan, tergantung kondisi," kata Andi.

Andi menambahkan, Satria Lumba-lumba yang masih banyak beredar, yaitu produksi 1998 sampai 2003. "Untuk Satria Hiu sekarang bisa tembus Rp 10 juta ke atas. Belum lama ini juga ada yang sampai tembus Rp 46 juta. Sementara Satria S, kalau masih bahan, paling harganya Rp 1 jutaan. Tapi kalau yang bagus, bisa sampai Rp 5 jutaan," ujar Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.