Pentingnya Cek Filter AC di Musim Kemarau

Kompas.com - 08/07/2019, 17:42 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil Ilustrasi membersihkan filter AC di mobil
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketergantungan menggunakan air conditioner ( AC) akan makin meningkat di musim kemarau yang memiliki cuaca cukup panas. Pemilik mobil pun juga bakal meningkatkan suhu udara dari biasanya agar kabin tetap sejuk ketika dalam perjalanan.

Namun perlu diingat, umumnya pada musim kemarau kualitas udara cenderung lebih berdebu dari biasanya. Kondisi ini akan memicu filter AC yang terletak pada kabin mudah kotor karena udara yang mengalir dari evaporator juga sudah terkontaminasi berbagai kotoran.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, menjelaskan debu dan kotoran memang lebih banyak saat musim kemarau, apalagi ditambah sebagian jalan di Jakarta masih dipenuhi oleh pembangunan infrastruktur jalan.

Baca juga: Perlukah Refrigeran AC Mobil Diganti Secara Berkala?

"Manakala filer AC sudah kotor otomatis akan terjadi penyumbatan yang membuat semburan udara masuk ke dalam kabin akan terhalang. Efeknya, meski sudah meningkatkan suhu udara, tapi kabin pun teras kurang sejuk," kata Suparna saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Suparna menjelaskan baiknya pemilik mobil segera melakukan pengecekan bila merasakan udara pada kabin mobil terasa kurang dingin dari biasanya. Untuk pembersihan filter pada dasarnya memang bisa dilakukan sendiri, namun caranya tidak boleh sembarangan.

Filter AC di kabin spaoto.com Filter AC di kabin

Filter yang kotor tidak boleh dibersihkan menggunakan air, cukup disedot menggunakan vacuum atau disemprot udara dari kompresor. Nah pada proses ini pun ada tekniknya sendiri, mulai dari posisi filter yang tidak boleh terbalik sampai soal ukuran tekanan udara yang tidak boleh telalu kencang karena berpotensi merobek filter.

Baca juga: Lubang Ventilasi AC Muncul Air, Perhatikan Komponen Ini

Karena itu, Suparna menyarankan pemilik mobil lebih baik melakukan perawatan ringan langsung di bengkel. Selain pengerjaannya lebih detail, biasanya akan diikuti dengan proses pembersihan evaporator dan pengecekan lebih lengkap lagi.

"Perlu diketahui pada filter AC itu bukan hanya terdapat sekat saringan saja tapi dilapis dengan anti-bakteri, karena itu jangan sembarangan untuk melakukan pembersihan sendiri. Filter yang sudah kotor tidak boleh dibiarkan, selain suhu yang menjadi tidak dingin udara yang dihirup di kabin juga tidak sehat," papar Suparna.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X