Menakar Biaya Modifikasi Bergaya Rally Look

Kompas.com - 08/07/2019, 15:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi bergaya rally look membutuhkan ubahan yang bisa dibilang tidak terlalu banyak. Namun, hasilnya tetap signifikan, mulai dari bagian eksterior hingga ke interiornya.

Erick Anindyo, pendiri Rally Look Indonesia, mengatakan, ubahan yang dilakukan biasanya dimulai dari luar dulu, baru ke bagian dalam mobil. Ubahan luar yang umum untuk dilakukan ada tiga bagian.

"Pertama, ganti peleknya dengan pelek-pelek yang biasa dipakai di ajang reli. Lalu, lanjut ganti mud flaps atau biasa disebut 'kepet'. Setelah itu, baru fog lamp," ujar Erick, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Erick menjelaskan, kepet harganya berkisar Rp 1,5 jutaan. Tapi jika custom, harganya sekitar Rp 500 ribuan. Mereknya sendiri ada Sparco atau Rally Armor yang umum dipakai.

Untuk pelek, Erick menyarankan untuk membeli pelek orisinil, jangan yang tiruan. Selain lebih safety, menurutnya bisa juga menjadi investasi kalau peleknya sudah langka.

"Kalau pelek, harganya gelap nih. Sebab, kita kan cari yang orisinil, dan itu cukup susah. Semakin peleknya langka, jelas semakin mahal. Untuk mereknya, banyak yang pakai Enkei, OZ, atau Speedline," kata Erick.

Beralih ke bagian interior, modifikasi bergaya rally look banyak yang mengganti bagian jok, setir, pedal, hingga shift knob.

"Jok itu ada yang Sparco atau Recaro, tapi yang banyak dipakai sih Recaro, itu harganya sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan. Kalau setir balap, Rp 3 juta sampai Rp 3,5 jutaan. Untuk pedal, harganya sekitar Rp 700 ribuan hingga Rp 1 jutaan," ujar Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.