Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Biaya Modifikasi Bergaya Rally Look

Kompas.com - 08/07/2019, 15:54 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi bergaya rally look membutuhkan ubahan yang bisa dibilang tidak terlalu banyak. Namun, hasilnya tetap signifikan, mulai dari bagian eksterior hingga ke interiornya.

Erick Anindyo, pendiri Rally Look Indonesia, mengatakan, ubahan yang dilakukan biasanya dimulai dari luar dulu, baru ke bagian dalam mobil. Ubahan luar yang umum untuk dilakukan ada tiga bagian.

"Pertama, ganti peleknya dengan pelek-pelek yang biasa dipakai di ajang reli. Lalu, lanjut ganti mud flaps atau biasa disebut 'kepet'. Setelah itu, baru fog lamp," ujar Erick, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Erick menjelaskan, kepet harganya berkisar Rp 1,5 jutaan. Tapi jika custom, harganya sekitar Rp 500 ribuan. Mereknya sendiri ada Sparco atau Rally Armor yang umum dipakai.

Untuk pelek, Erick menyarankan untuk membeli pelek orisinil, jangan yang tiruan. Selain lebih safety, menurutnya bisa juga menjadi investasi kalau peleknya sudah langka.

"Kalau pelek, harganya gelap nih. Sebab, kita kan cari yang orisinil, dan itu cukup susah. Semakin peleknya langka, jelas semakin mahal. Untuk mereknya, banyak yang pakai Enkei, OZ, atau Speedline," kata Erick.

Beralih ke bagian interior, modifikasi bergaya rally look banyak yang mengganti bagian jok, setir, pedal, hingga shift knob.

"Jok itu ada yang Sparco atau Recaro, tapi yang banyak dipakai sih Recaro, itu harganya sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 jutaan. Kalau setir balap, Rp 3 juta sampai Rp 3,5 jutaan. Untuk pedal, harganya sekitar Rp 700 ribuan hingga Rp 1 jutaan," ujar Erick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com