Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cleveland Ace Cafe 400 Sasar Segmen Minim Pesaing

Kompas.com - 06/07/2019, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Cleveland Ace Cafe 400 akan jadi senjata baru Cleveland Cyclewerks di kancah roda dua nasional. Motor bergaya cafe racer ini rencananya akan meluncur akhir Juli atau Agustus 2019.

Ace Cafe 400 merupakan model baru Cleveland yang mengusung mesin berkubikasi 400 cc. Melengkapi model-model yang sudah lebih dulu eksis seperti Cleveland Misfit, Ace Deluxe, Ace Scrambler, dan Heist yang berkubikasi lebih kecil.

Baca juga: IIMS Motobike Expo 2019, Ajang Berkumpul Penggemar Roda Dua

Hal yang menarik dari motor ini yaitu menyasar segmen yang minim pesaing. Hanya sedikit motor 400 cc di Indonesia, dan yang bergenre cafe racer lebih kecil lagi. Adapun yang berkubikasi setara yaitu Royal Enfield Himalayan dan Ducati Scrambler Sixty2 keduanya berbeda genre.

Cleveland Ace Cafe 400Istimewa Cleveland Ace Cafe 400

Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Sumatra Motor Indonesia (SMI), APM Cleveland di Indonesia tidak menampik Ace Cafe 400 berada di kelas yang kurang familier. Namun hal itu justru jadi kelebihan tersendiri buat produknya.

"Kebetulan prinsipal kita membuat motor seperti ini. Jadi kalau kita bicara Ace Cafe 400 bisa dibilang segmented tapi tidak juga, sebab kita lihat sekarang ini pecinta motor sudah mulai beragam, cafe racer juga salah satunya, dan konsumen sekarang juga mulai tertarik dengan motor yang bisa dibilang middle segment, tidak terlalu besar atau kecil," kata Hendra kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Kawasaki Ninja H2 Carbon, Hanya Ada Satu di Indonesia

Hendra melihat Cleveland Ace Cafe 400 justru bisa diterima oleh konsumen sebab motor-motor dengan kubikasi ''tanggung'' bisa jadi jalan keluar antara hobi dan rutinitas, terutama buat mereka yang berada di kota-kota besar.

"Konsumen mulai tertarik dengan motor yang tidak terlalu besar atau kecil karena masih enak buat diajak bawa harian," kata Hendra.

Cleveland Ace Cafe 400Foto: dok.Cleveland/Adol Cleveland Ace Cafe 400

Sekilas mengenai Ace Cafe 400 sebelumnya pernah ditampilkan di Telkomsel IIMS 2019, Mei lalu. Mengulik tampilannya membawa desain cafe racer klasik, dengan setang bongkok, tangki memanjang dan buntut tawon.

Cleveland Ace Cafe 400 mengusung mesin 400cc, satu silinder namun dengan dua exhaust port yang membuatnya mempunyai dua knalpot di kiri-kanan. Jok belakang buntut tawon senada jok, dan suspensi depan upside down.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com