Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fog Lamp LED 3 Warna, Punya Banyak Fungsi

Kompas.com - 05/07/2019, 16:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu kabut atau fog lamp merupakan fitur keselamatan tambahan yang berfungsi untuk membantu pandangan pengemudi saat berkendara di cuaca yang kurang bersahabat, seperti cuaca berkabut, hujan deras, maupun berasap.

Namun berkat pasar aksesoris, semua mobil bisa dipasang fog lamp. Hanya saja fungsinya kurang optimal sebab warna yang dipancarkan sering kali tidak membantu pengemudi dalam penerangan jalan.

"Kebanyakan pemilik kendaraan menggunakan fog lamp berwarna putih karena sering melewati rute yang pencahayaan jalannya kurang. Saat hujan, fog lamp menjadi tidak berfungsi karena sinar warna putih tidak bisa menembusnya, harus kuning. Begitu pun sebaliknya," kata Rico, pemilik Shine Auto Light kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca Juga : Plus-minus Percantik Lampu Mobil

Sehingga saat ini muncul lampu LED untuk fog lamp yang memiliki tiga warna yakni putih, putih kekuningan, dan kuning. Tak membutuhkan waktu lama, komponen tambahan itu langsung "diserbu" oleh para pecinta modifikasi mobil.

"Saat ini lampu yang paling banyak dicari adalah LED tiga warna. Selain harganya yang terjangkau yakni Rp 750.000, fungsinya sangat diperlukan khususnya teman-teman komunitas mobil yang sering lakukan touring," ucap Rico.

Pemasangan LED tiga warna juga tidak memakan waktu lama, kurang dari tiga jam tergantung antrean. Dasarnya, instalatur hanya mengganti bohlam standar saja dengan yang bisa tiga warna.

Baca Juga : Pasang Lampu "Knight Rider" atau Alis DRL di Mobil Itu Rumit

"Pengoperasiannya mudah, saklar fog lamp standar hanya tinggal diatur untuk mengganti warnanya. Dinyalakan pertama putih, lalu matikan, kemudian nyalakan lagi untuk mendapat warna putih kekuningan, dan seterusnya," kata Rico.

Tapi ingat, pemasangan LED tiga warna ini hanya bisa dikerjakan di mobil besutan Jepang saja. "Karena mobil Eropa itu bohlamnya berbeda, konfigurasinya juga lebih rumit," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com