Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gaya Modifikasi Rally Look

Kompas.com - 02/07/2019, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil ada berbagai macam gaya, tema, atau aliran. Termasuk juga yang lagi cukup eksis di dunia otomotif nasional, yakni rally look. Sesuai dengan namanya, modifikasi ini mengusung konsep tampilan mobil reli.

Erick Anindyo, pendiri Rally Look Indonesia, mengatakan, gaya modifikasi rally look yang umum ada dua, yaitu tarmac dan gravel. Masing-masing memiliki perbedaan di beberapa bagian.

Baca juga: Kenali Risiko Modifikasi Interior Mobil

"Tarmac itu untuk reli yang di aspal. Sementara gravel, reli yang offroad. Untuk tarmac, peleknya biasanya menggunakan ring 15 inci, 16 inci, atau 17 inci. Kalau gravel lebih kecil, umumnya pakai pelek ring 14 inci atau 15 inci," ujar Erick, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Erick menambahkan, perbedaan lainnya ada di ketinggian suspensinya. Untuk tarmac, umumnya lebih rendah, karena jalur yang dilalui juga rata. Sementara gravel, jarak terendah ke tanah dibuat lebih tinggi. Tujuannya agar lebih mudah melalui jalur-jalur yang bergelombang atau tidak rata.

Baca juga: Belum Meluncur, Avanza Baru Sudah Dimodifikasi Rally Look

Modifikasi Rally Dakar di Jimny terbaruCarscoop Modifikasi Rally Dakar di Jimny terbaru

Sedangkan untuk ban yang dipakai, rally look jenis tarmac bisa menggunakan ban aspal biasa. Tapi kalau untuk jenis gravel, biasanya menggunakan ban yang lebih kasar atau semi offroad.

"Untuk fog lamp atau lampu kabut, baik tarmac atau gravel sah-sah saja untuk memakainya," kata Erick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com