Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lipat Manual Spion Retractable

Kompas.com - 01/07/2019, 15:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil modern sekarang ini yang sudah dibekali dengan spion retractable atau bisa melipat secara otomatis. Spion yang bisa dioperasikan hanya dengan tombol dari dalam kabin ini tentu berbeda perlakuannya dengan spion manual.

Namun demikian, tak sedikit yang masih memperlakukan spion retract layaknya spion manual. Beberapa pemilik mobil masih menekuk spion secara manual.

Baca juga: Begini Posisi Kaca Spion Mobil yang Ideal

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, spion retract sekarang ada beberapa tipe, salah satunya ada yang bisa ditekuk manual.

"Spion sekarang ada yang memiliki pengaman dan ada yang tidak. Ada spion yang jika terkena benturan, gir mekanismenya patah. Tapi, ada juga yang bisa menekuk saat terkena benturan atau ditekuk manual," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Mika Lampu dan Spion Mobil Copotan, Mulai Rp 300 Ribu

Didi menambahkan, biasakan untuk selalu menekuk spion melalui tombol yang sudah tersedia. Jika parkir di tempat terbuka atau jalan yang sempit, sebaiknya tekuklah spion sebelum keluar dari mobil.

Hal ini bertujuan agar spion terhindar dari senggolan dengan kendaraan lain atau menghindari spion ditekuk secara manual oleh orang lain, seperti petugas parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com