Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Aman Pasang Boks Sepeda Motor

Kompas.com - 30/06/2019, 12:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemilik motor yang kapasitas bagasinya kecil banyak yang memilik untuk memasang boks tambahan. Namun, jangan lupa untuk mengetahui tips aman untuk memasangnya.

Dengan memasang boks motor, maka membawa atau menyimpan barang jadi lebih nyaman, seperti helm, jas hujan, sepatu atau sandal, dan lainnya. Boks motor memiliki varian bentuk, ukuran, dan model yang beragam. Maka itu, banyak juga faktor yang perlu diperhatikan sebelum memasang boks pada sepeda motor.

Baca juga: Ragam dan Harga Side Box NMAX

Asep Wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama dari cara pemasangannya. Bobot isi pada boks disarankan maksimal sama dengan berat seorang penumpang setelah boks dipasang.

"Selain itu, lebarnya juga tidak boleh melebihi ujung setang dan tingginya tidak melebihi punggung pengemudi," ujar Asep, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Motor Pakai Boks, Begini Teknik yang Tepat Mengendarainya

Asep juga mengingatkan, pastikan besi penopang boks atau bracket terpasang kuat dan ujung belakang boks tidak melebihi ujung sepatbor belakang. Disarankan untuk pemilik motor yang menggunakan bos untuk melakukan penyetelan ulang pada bagian komstir agar tidak goyang atau getar.

"Pemasangan boks pada motor butuh pengendalian yang ekstra hati-hati. Sebab, bobot motor cenderung berat ke belakang dan pergerakan setang kemudi akan lebih lincah," kata Asep.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk memilih boks motor sesuai kapasitas mesin motor, jangan terlalu membebani, serta memiliki kualitas dan standar keamanan yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com