Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penabrak Dimas Ekky Dihukum Start dari Belakang

Kompas.com - 29/06/2019, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com - FIM MotoGP Stewards Panel memutuskan Stefano Manzi bersalah atas kecelakaan yang dialami Dimas Ekky Pratama di FP1 Moto2 Assen, Belanda. Manzi pun dihukum akan start dari grid paling belakang saat balapan, Minggu (30/6/2019).

Sadar dengan kesalahannya Manzi kemudian meminta maaf dan mendoakan Dimas segera pulih. Anak didik Valentino Rossi itu juga mengunggah pernyataan maaf di fitur story akun Instagram pribadi miliknya.  

"Saya ingin meminta maaf atas kecelakaan di FP1 pagi ini dan saya berharap Ekky Pratama pemulihan cepat untuk kecelakaan yang disebabkan oleh kontak antara saya dan dia," kata Manzi, mengutip Crash.net, Sabtu (29/6/2019).

Baca juga: Vinales Pimpin FP2 Assen, Lorenzo Absen ke Rumah Sakit

FIM Stewards memutuskan bahwa Manzi membalap dengan ceroboh. Rider dari tim MV Agusta Forward Racing tersebut dianggap membalap tanpa rasa tanggung jawab sehingga menyebabkan bahaya bagi pebalap lain.

Dimas Ekky Pratama terjatuh dan tak meraih poin di Le Mans 2019.Foto: Instagram Dimas Ekky Pratama terjatuh dan tak meraih poin di Le Mans 2019.

Seperti diberitakan, Dimas mengalami kecelakaan karena tertabrak oleh Manzi. Insiden terjadi hanya beberapa menit setelah FP1 dimulai dan kemudian dihentikan setelah Marshal mengibarkan bendera merah.

Dalam tayangan ulang terlihat awalnya Manzi ingin mengerem masuk tikungan, namun dia kehilangan kendali. Sial bagi Dimas yang berada di racing line yang benar jusru tertabrak Manzi yang tak mampu mengendalikan motornya.

Baca juga: Tangki Bensin Sebaiknya Jangan Sampai Kurang dari Setengah

Dokter Angel Charte, Direktur Medis MotoGP, mengungkapkan Dimas sempat tak sadarkan diri selama 40 detik di pinggir trek. Setelah dilakukan pertolongan pertama dia kemudian dibawa ke Medical Centre menggunakan ambulans.

Honda Team Asia, dalam pernyataan resmi mengatakan Dimas menderita gegar otak. Pemeriksaan di rumah sakit menyimpulkan tidak ada cedera besar, tapi Dimas diharapkan tetap di rumah sakit sampai Sabtu pagi, yakni jelang FP3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com