Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki KLX 230 Versi Ekspor Sudah Pakai ABS

Kompas.com - 25/06/2019, 18:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sudah mulai melakukan pengiriman KLX 230 ke sejumlah negara tujuan ekspor sejak Juni 2019, atau sebulan setelah world premier pada 22 Mei lalu.

Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan, ekspor perdana dikirim ke Amerika Serikat (AS) dan kemudian menyusul beberapa negara lain baik Asia dan Eropa.

Baca juga: Kawasaki KLX 230 Tak Lagi Karburator

"Kita sudah mulai ekspor, karena embargo sudah lewat mereka (AS) sudah launching, jadi dari Juni sudah kita kapalkan. Pertama kita kirim 150 unit buat KLX 230R sedangkan buat KLX 230 tidak besar yakni 80 unit," kata Michael di Tangerang, Selasa (25/6/2019).

Kawasaki menghadirkan KLX 230RKMI Kawasaki menghadirkan KLX 230R

Michael mengatakan, unit yang diekspor ke AS memiliki spesifikasi yang berbeda dengan di Indonesia. Kawasaki KLX 230 dan KLX 230R untuk pasar AS sudah dibekali fitur pengereman Anti Lock-Braking System (ABS).

Baca juga: Honda Enggan Berkomentar soal MPV Murah Renault

"Perbedaannya sedikit (karena regulasi), tapi bisa dibilang hampir mirip hanya saja buat ekspor sudah ada ABS," ucap Michael.

Michael menuturkan bahwa setelah AS, KLX 230 juga akan diekspor ke pasar Jepang, Eropa dan negara-negara Amerika Latin. KLX 230 yang diekspor semuanya diproduksi di pabrik KMI di wilayah Cibitung, Jawa Barat.

"Di AS itu CBU, Jepang juga sama. Basis produksi di Indonesia memang untuk seluruh dunia. Target ekspor kami setahun 4.000 unit," kata Michael.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com