Bisakah Helm Balap Dipakai Harian?

Kompas.com - 24/06/2019, 18:22 WIB
Ragam helm impor di IMOS 2018Kompas.com/Setyo Adi Ragam helm impor di IMOS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terlihat sederhana namun pemilihan helm full face buat dipakai harian juga perlu diperhatikan. Sebab helm full face pada dasarnya terbagi menjadi dua yakni buat harian dan buat balap.

Ahmad M, anggota Belajar Helm, komunitas yang perhatian mengenai pentingnya penggunaan helm mengatakan, untuk pemakaian harian lebih baik pilih helm full face pemakaian harian (use daily) atau modular.

Baca juga: Toyota Sambut Kehadiran Renault Triber

"Setiap merk helm biasanya mengeluarkan tipe-tipe dia jenis motor. Untuk harian tetap full face buat harian yang direkomendasikan. Karena lebih aman untuk di bagian wajah,"kata Ahmad kepada Kompas.com, Senin (24/6/2019).

Ahmad menjelaskan, buat harian sebaiknya jangan helm balap. Sebab tipikal helm balap (race fit) sangat ketat di bagian kepala, dan biasanya buat balap hanya digunakan 1-2 jam saja. Sedangkan untuk harian dipakai dalam jangka panjang.

Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.KOMPAS.com/Gilang Masih ada helm full face yang memiliki harga terjangkau di bawah Rp 500 ribu.

Di sisi lain, lanjut Ahmad, yang tak kalah penting untuk penggunaan harian pastikan kondisi helm paripurna. Helm harus bersih dan layak serta pastikan pengikat tali dalam keadaan baik guna tidak mudah terlepas.

Baca juga: Toyota Belum Tahu Cara Jualan Supra

Kartini Apriyanti, Manager Promosi PT Danapersadaraya Motor Industry (DMI), produsen helm NHK mengatakan, pada dasarnya tidak masalah menggunakan helm full face balap untuk harian tapi perhatikan mengenai sirkulasi udara.

"Memilih model harian atau racing untuk harian sebetulnya selera, tapi ada juga yang karena buat gaya. Jika demikian bagusnya pilih yang punya sirkulasi udara yang baik, jadi lebih nyaman dipakai untuk jarak dekat ataupun jauh," kata Anti.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X