Alami Insiden, Rio Haryanto Kecewa di Suzuka

Kompas.com - 23/06/2019, 10:31 WIB
Pebalap Rio Haryanto (kiri) berbincang dengan Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poedjoadi, usai race pertama seri ketiga Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/2019). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPebalap Rio Haryanto (kiri) berbincang dengan Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poedjoadi, usai race pertama seri ketiga Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/2019).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rio Haryanto rupanya harus menelan pil pahit pada balap awal Blancpain GT World Challenge di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (22/6/2019). Pebalap T2 Motorsport ini belum bisa memberikan pencapaian terbaiknya akibat mengalami ganggun.

Ajang balap hari pertama dibuka dengan official practice yang berlangsung selama 30 menit dan disambut oleh hujan lebat. Rio yang sempat mengisi 15 menit awal sukses menempati posisi ketiga secara overall dengan waktu 2 menit 12.221 detik.

Setelah dilakukan switching driver dengan Gregory Teo, yang merupakan driver pengganti sementara David Tjiptobiantoro, posisi T2 berada di nomor 14. Pada sesi kualifiksi, Gregory turun mewakili T2, sementara Rio menjadi perwakilan pada sisi berikutnya.

Baca juga: Rio Haryanto Perbaiki Catatan Waktu di Latihan Bebas

Pada awal putaran Gregory pun mengalami kecelakaan yang membuat mobil harus kembali ke pit untuk pengecekan. Dampak dari kecelakaan tersebut ternyata berimbas ke Rio yang menggaku sangat tidak maksimal saat menjalani sesi kualifikasi kedua.

"Sangat kecewa tidak bisa memberikan hasil yang sesuai dengan kapabilitas kami, mobil tidak stabil karena front splitter-nya rusak dan juga rear wing bengkok," ucap Rio dalam keterangan resminya, Sabtu (22/6/2019).

Untuk melakukan perbaikan, T2 Motorsports hanya memiliki waktu kurang dari lima jam sebelum balap pertama berlangsung, yakni pada pukul 15.40 waktu setempat. Baik Rio dan Gregory pun akhirnya harus menjalani balap dengan kondisi mobil yang belum maksimal.

Rio Haryanto di Suzuka Rio Haryanto di Suzuka

Gregory menjadi driver pembuka T2 di race pertama, dan pada 10 menit awal, dia sempat turun tiga peringkat dan berakhir menempati posisi ke-20 di 30 menit pertama. Rio harus keteteran setelah melakukan pergantian pembalap dengan Gregory, dan hasilnya T2 harus puas duduk pada peringkat ke-10 di kelasnya.

Irmawan Poedjoadi, selaku Team Principal T2 Motorsports, mengatakan belum dapat memecahkan masalah yang terjadi pada mobil T2.

"Kami masih berkutat dengan penyelesaian servis mobil kami, sejauh ini memang betul mobil kami belum kembali ke kondisi semula," kata Irmawan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X