Bangkitkan Kembali Vespa ke Masa Kejayaannya

Kompas.com - 22/06/2019, 07:42 WIB
Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jaduls Scooter Garage. Kompas.com/DonnyDeretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jaduls Scooter Garage.

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter asal Italia, Vespa, memang sudah jadi ikon di Indonesia. Jumlah populasinya relatif banyak di nusantara, karena merupakan salah satu merek motor pertama yang eksis sejak 1960-an. Para pecinta skuter ini juga datang dari beragam kalangan, tua, muda, sampai para pimpinan perusahaan yang ingin nostalgia di kala mereka muda.

Vespa tua ini, jumlahnya semakin susut, kondisinya juga lebih minim lagi yang dianggap sehat dan laik jalan. Mesin khas 2-tak, nyaris tak bisa ditemukan lagi pada skuter yang dipasarkan saat ini di pasar. Lewat latar belakang ini, kemudian lahirlah bengkel yang menerima pengerjaan restorasi mesin atau bodi Vespa lawas, Jadul's Scooter Garage, di Cijantung, Jakarta Timur.

Tak banyak bengkel Vespa di Ibu Kota yang mau menerima restorasi dari skuter yang berstatus impor utuh (CBU) Italia ini.

Baca juga: Vespa 946 Emporio Armani dan RED, Edisi Spesial, Harga Fenomenal

Muhammad Fathien Naufal, pemilik dari bengkel ini, mengatakan, bahwa pihaknya siap menerima Vespa dari segala tahun untuk direstorasi. Fathien sendiri ditemani oleh satu mekanik, yakni Wahyu Markus.

Vespa klasik sedang direstorasi.Kompas.com/Donny Vespa klasik sedang direstorasi.

"Kita sebulan bisa selesai empat motor, tapi tergantung juga dari tingkat restorasi seperti apa, apakah restorasi total, mesin saja, atau bodi saja," ujar Fathien, saat ditemui Kompas.com, Jumat (21/6/2019).

Fathien menambahkan, untuk restorasi biayanya tidak bisa ditentukan. Sebab, biayanya sangat bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan restorasinya dan aksesori yang akan dipakai. Menurutnya, aksesori Vespa tua harganya bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan suku cadang mesinnya.

Baca juga: Melihat Sejarah Vespa Kongo, Skuternya Kontingen Garuda

Di bengkel rumahan ini, Fathien juga melayani servis mesin. Untuk Vespa 2-tak, biaya servisnya Rp 125.000, dengan layanan, ganti oli menggunakan GGI, pembersihan head, dan karburator.

Bukan hanya Vespa 2-tak, Jadul's Scooter Garage juga menerima servis Vespa modern atau yang sudah menggunakan mesin 4-tak bertransmisi otomatis. Untuk servis Vespa 4-tak, biaya yang dikenakan Rp 300.000. Pengerjaannya sendiri meliputi penggantian oli dengan Motul, serta pembersihan CVT secara total.

Namun, baru sekadar servis dan penggantian suku cadang yang bersifat fast moving, belum sampai turun mesin. "Sementara ini, kita belum melayani turun mesin untuk Vespa matik. Sebab, pengerjannya lebih memakan waktu dan kebetulan kami masih fokus pada Vespa klasik untuk masalah mesin," kata Fathien.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X