Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikap Jadi Andalan Daihatsu di Pontianak

Kompas.com - 21/06/2019, 10:22 WIB
Aditya Maulana

Editor

PONTIANAK, KOMPAS.com - Penjualan Daihatsu di Pontianak, Kalimantan Barat periode Januari-April 2019 didominasi oleh pikap Gran Max. Selanjutnya disumbangkan Sigra, dan Terios, serta model lain seperti Ayla, Xenia, hingga Sirion.

Agus S.M, Branch Head Pontianak, PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation mengatakan, dari sisi penjualan, posisi Daihatsu di Pontianak menduduki peringkat kedua dengan pangsa pasar 24 persen. Sedangkan di Wilayah Kalimantan, Daihatsu juga ada di peringkat dua dengan market share 22 persen.

"Kalau di Pontianak model yang paling laris pikap, tetapi untuk wilayah Kalimantan keseluruhan kontribusi terbesar dari model Sigra, pikap dan Ayla," ujar Agus di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (21/6/2019) dalam acara Terios 7 Wonder.

Baca juga: Daihatsu Malu-malu Ungkap Konsep MPV Hybrid

Agus menjelaskan, kontribusi pikap terbesar itu disebabkan oleh beberapa faktor, mulai kondisi jalan hingga kegiatan perekonomian di wilayah setempat banyak yang bekerja di bidang kelapa sawit.

Daihatsu Sigra edisi terbatas.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu Sigra edisi terbatas.

"Jadi untuk menganggut kelap sawit, dan juga banyak digunakan untuk membawa barang-barang lainnya yang berjalan antar kota sehingga penjualan pikap kita tinggi di daerah ini," ucap dia.

Total pasar di Kalimantan Barat sendiri untuk tahun ini, lanjut Agus mencapi 1.050 unit atau turun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1.200 unit. Kondisi itu tidak lain disebabkan oleh beberapa faktor termasuk iklim politik.

"Jadi sebagian masyarakat juga ada yang menunggu untuk membeli mobil dengan kondisi politik seperti ini. Tetapi kami harapkan bisa normal dan penjualan mobil bisa ikut tumbuh," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com