Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Mobil Matik Mogok, Cek Kesehatan Aki

Kompas.com - 21/06/2019, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki fungsi menyimpan dan menyuplai listrik, aki merupakan komponen penting di mobil khususnya yang bertransmisi otomatis atau matik. Tak sedikit kasus mobil mogok karena komponen tersebut.

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi menyatakan, salah satu untuk menghindari mobil matik mogok adalah dengan cara memanaskannya paling tidak satu kali dalam seminggu, apabila mobil jarang digunakan.

Menghidupkan mesin dan memanaskannya dimaksudkan untuk melihat kondisi komponen elektrik berfungsi maksimal.

"Paling tidak 15 menit. Perhatikan juga untuk hindari mendengarkan atau menyalakan audio saat kondisi mesin mati. Lalu pastikan semua lampu-lampu sudah dalam posisi off saat meninggalkan mobil," kata Anjar ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Penting Pelajari Fungsi Tuas Transmisi Mobil Matik

Bila mobil sudah lama tak digunakan, lanjut Anjar, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kondisi aki. Hal ini bisa dilakukan sendiri, namun ada baiknya meminta bantuan teknisi kepercayaan.

"Memeriksa kondisi aki bisa dengan cara cek terminalnya, kalau aki basah lihat juga kondisi cairannya. Kalau terminal kendor dikencangkan, kalau cairannya kurang silahkan ditambah," ujar Anjar.

Untuk mengetahui aki sudah mulai tidak sehat lagi adalah sulitnya mobil dihidupkan, suara klakson yang mulai aneh, dan pencahayaan kurang maksimal.

Baca Juga : Begini Cara Dorong Mobil Matik yang Benar

"Indikasi mudahnya sih itu, karena kinerja aki tidak maksimal untuk menyuplai kelistrikan. Tapi memang lebih baiknya dan pasti, lakukan pengecekan langsung ke bengkel," tutup Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com