Mobil Baru Mitsubishi di GIIAS 2019, Eclipse Cross dan Triton?

Kompas.com - 20/06/2019, 10:41 WIB
Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang. MMCKompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.

 

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja selesai "bulan madu" bersama Xpander. Kini produk yang berada di segmen low MPV itu harus bertarung keras dengan Toyota Avanza untuk menjadi market leader.

Tak hanya dengan Avanza, Xpander juga harus berbenturan dengan sang adik, Nissan Livina, serta Suzuki Ertiga yang belum lama ini mendapat pembaruan. Segmen low MPV memang sudah sesak, dan Mitsubishi harus bergeser ke segmen lain yang belum digarap dengan baik.

Pada kelas SUV, Pajero Sport mungkin bisa dibilang cukup kokoh, sedangkan di segmen kendaraan niaga ringan (LCV) yang jarang pemain, MMKSI cukup mampu memasukan Triton meski sangat bergantung pada penjualan fleet (borongan).

Baru-baru ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sebagai prinsipal menaikan target penjualan secara global sebanyak 5 persen menjadi 1,305 juta unit buat tahun fiskal 2019. Indonesia menjadi tulang punggung penjualan buat pasar Asia Tenggara (ASEAN).

Baca juga: Jualan Xpander Menurun, Mitsubishi Masih Anteng

"Target setiap tahun pasti naik, dan kami sudah menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi situasi ini. Salah satunya adalah dengan meluncurkan beberapa produk baru di GIIAS 2019 nanti," jelas Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura, di Balikpapan, Kalimantan Timur, awal pekan ini.

Produk apa yang siap untuk diluncurkan? Nakamura belum bersedia memberikan informasi. "Itu masih rahasia," jelas pria asal Jepang tersebut.

Triton Absolute Triton Absolute

Sulit bila mengharapkan ada versi facelift dari Xpander yang sudah dua tahun meluncur di Indonesia atau sejak 2017. Penjualan Xpander masih cukup moncer, meski trennya tidak sekuat saat awal peluncuran.

Baca juga: Kapan Triton Absolute Tiba di Indonesia?

Rumor yang sempat beredar adalah peluncuran Eclipse Cross yang mengusung mesin 1,5 liter turbo. Model ini bisa jadi hadir sebagai pengganti Outlander Sport yang makin mendekati masa purnabakti.

Selanjutnya adalah Triton Absolute yang sudah meluncur secara global pada Maret lalu. Triton punya pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia, dan kemungkinan untuk melakukan pembaruan buat model ini pun terbuka lebar.

"Semuanya masih rahasia, yang pasti kami akan meluncurkan bukan hanya satu produk di GIIAS, ada beberapa model baru," jelas Nakamura.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X