Rossi Tes Rem Baru Yamaha di Catalunya

Kompas.com - 19/06/2019, 15:22 WIB
Valentino RossiFoto: Speedweek Valentino Rossi

CATALUNYA, KOMPAS.com - Usai GP Catalunya, tim pabrikan Yamaha langsung menjalani tes keesokan harinya. Valentino Rossi yang kena sial saat balapan, mencoba fitur baru, yaitu "rem ibu jari" dan "rem skuter."

Keduanya berfungsi untuk pengereman belakang. Rem ibu jari dijalankan dengan cara ditekan sedangkan rem skuter sama seperti rem pada skutik. Tuas rem skutik tersebut berada di bawah tuas kopling di bagian kiri setang. 

Baca juga: KTM Pakai Sasis dan Jok Baru, Zarco Mulai Bangkit

Baik rem ibu jari ataupun rem skuter sengaja dibuat untuk membantu pengereman saat pebalap berada di tengah tikungan. Diklaim membantu pebalap saat menghadapi tikungan-tikungan panjang yang mana jika ingin mengerem pakai kaki sedikit sulit.

"Saya menguji rem ibu jari dan saya juga menguji 'rem skuter.' Ini menarik, tidak terlalu buruk. Anda hanya menggunakan kopling di awal sekarang," kata Rossi melansir Crash.net, Rabu (18/6/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Handlebar rear brake lever added to one of Rossi's M1s at #CatalunyaTest

A post shared by Peter McLaren (@mclarenmotogp) on Jun 17, 2019 at 7:51am PDT

Setelah mencoba keduanya, Rossi mengatakan, lebih suka dengan rem ibu jari sebab hanya tinggal pencet tombol. Sedangkan aplikasi rem skuter sedikit sulit karena membuat ruang gerak tangan kiri kurang leluasa.

Baca juga: Honda Mulai Kumpulkan Arah Pengembangan RC213V untuk 2020

"Masalahnya adalah ruang, karena ada tuas kopling di atas dan tuas rem di bawahnya, jadi itu tidak mudah. Rem ibu jari sedikit lebih mudah. Mungkin ini bisa menjadi masa depan, karena jika kamu memiliki semua rem di jarimu, itu dapat membantu," katanya.

Rem ibu jari dan rem skuter yang dicoba Rossi sebetulnya bukan hal baru di MotoGP. Tapi belakangan ini makin penting melihat persaingan di MotoGP makin sengit, apalagi Rossi pernah berujar Yamaha lemah di tikungan.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X