Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Cairan Menetes dari Kolong Mobil, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 18/06/2019, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil mungkin sering menemui adanya tetesan cairan yang keluar dari kolong, biasanya ketika mobil sedang parkir relatif lama. Kondisi ini menimbulkan tanya, apa dan dari mana cairan tersebut berasal.

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan, bila tetesan air yang ditemui dari kolong mobil biasanya terkait dengan komponen mobil, namun pemilik mobil tidak perlu langsung panik.

"Paling sering ditemui, terutama ketika mobil parkir dalam kondisi mesin hidup, ini diakibatkan cairan pada air conditiner (AC) mobil. Ini normal, biasanya karena sirkulasi pendinginan dan pembuangan sisaan kondensasi saja," ujar Indah kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Usai Mudik, Pemilik Mobil Wajib Cek Empat Cairan Ini

Untuk faktor kedua, menurut Indah akibat adanya kebocoran cairan lain, seperti dari pendingin radiator coolant atau wiper. Tapi jenis kebocoran ini biasanya lebih sering terjadi dalam kondisi mesin mati.

Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Air menetes dari kolong mobil, kenali gejalanya.
Ciri mengenali cairan yang bocor ke lantai bisa dengan melihat warnanya. Bila berupa seperti air biasa hal tersebut bisa dari sisa kondensasi AC, sebaliknya, bila memiliki warna umumnya merupakan kebocoran dari radiator.

"Cek dan lihat cairannya seperti apa dan di mana, kalau di bawah dasbor baik sebelah kanan atau kiri biasanya karena air dari AC atau kebocoran dari wiper. Tapi kalau menetes saat mesin mati besar kemungkinan dari radiator, apalagi memiliki warna. Bila terjadi demikian jangan dibiarkan terlalu lama, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan," ucap Indah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com