Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Mulai Kembangkan Motor dari Arahan Pedrosa

Kompas.com - 18/06/2019, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

CATALUNYA, KOMPAS.com - Tim Red Bull KTM MotoGP mulai bekerja keras di sesi tes resmi Catalunya. Kali ini, mereka mulai dibantu dengan hadirnya Dani Pedrosa yang ikut mengetes motor RC16. Bahkan, beberapa komponen kabarnya sudah ada yang dikembangkan dari arahan Pedrosa.

Pebalap asal Spanyol yang baru pensiun dari MotoGP tersebut memiliki kombinasi jok yang baru. Jok ini sudah dites ketika di Brno dan bukan bertujuan untuk meningkatkan aerodinamika, melainkan ergonomi saat membalap.

Baca juga: Pedrosa Akhirnya Tes Motor KTM

"Saat sesi tes di Jerez bulan Desember lalu, Dani meminta apakah bisa dibuatkan jok seperti ini. Sekarang dia sudah mencobanya, ini tentang bentuknya," ujar Mike Leitner, Team Manager Red Bull KTM MotoGP, kepada Speedweek.com.

Pabrikan lain juga mulai mengerjakan bagian ini. Setiap desain jok diyakini memberikan feeling yang berbeda. Semua yang mampu membuat pebalap terhubung dengan motor mulai ditingkatkan, seperti bentuk tangki, bentuk jok, dan lainnya.

Baca juga: Espargaro Tak Sabar Dengar Masukan Pedrosa

Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.Speedweek.com Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.

Masukan dari Pedrosa yang mantan pebalap Honda dinilai sangat berarti bagi KTM. Pasalnya, semua pebalap tim pabrikan dan satelit KTM datang dari Yamaha. Pol Espargaro, Johann Zarco, dan Hafizh Syahrin, merupakan mantan pebalap Monster Tech 3 Yamaha. Sementara Miguel Oliviera masih berstatus rookie.

"Kami baru di MotoGP. Dani memberikan komentar pada kami tentang bagaimana ia mau perubahan pada mesin. Dia mengatakan pada kami bagaimana ia (Pedrosa) mau sasisnya diubah dan juga bagian suspensi," kata Mike.

Mike juga menambahkan, keseluruhan dari masukan ini akan membawa KTM selangkah lebih maju dalam beberapa bulan Menurutnya, tidak ada yang benar-benar salah pada motornya. Hanya beberapa detail yang belum benar 100 persen. Sekarang dengan bantuan Pedrosa, KTM mulai tahu area mana yang perlu dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com