Kompas.com - 17/06/2019, 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat hiburan pada mobil keluarga boleh dibilang cukup penting keberadaannya. Selain tape, TV monitor juga banyak digunakan oleh para pemilik mobil yang sudah berkeluarga.

Pujiyanto Suryana, teknisi audio dari MusicArt, mengatakan bahwa sekarang ini pilihan TV monitor sudah sangat beragam. Bukan hanya dari jenis dan mereknya saja, tapi juga harga, spesifikasi, serta fitur yang ditawarkan.

Baca juga: Nonton TV di Mobil Tanpa ”Semut dan Goyang”

Dari jenisnya, TV monitor yang paling banyak dipasang di mobil harian atau keluarga adalah yang menempel di headrest dan model clip on.

"TV monitor yang dipasang di headrest masih jaman hingga sekarang ini. Biasanya, peminatnya yang punya anak kecil. Buat dia nonton di belakang biar tenang selama perjalanan," ujar Puji, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bisa Nonton TV di Lampu Belakang Avanza

Menurut Puji, TV monitor model clip on sekarang ini lebih banyak dipilih pemilik mobil. Sebab, TV monitor jenis ini dinilai paling efektif, tidak merusak headrest, dan pemasangannya juga relatif mudah.

"Kisaran harganya cukup variatif, ada yang Rp 3 jutaan sampai Rp 8 jutaan. Tergantung dari fitur yang ditawarkan dan kualitas gambar atau resolusi layarnya. Untuk ukurannya, rata-rata yang banyak dipakai 9 inch atau 10 inch," kata Puji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.