Saat yang Tepat Ganti Ban Mobil

Kompas.com - 17/06/2019, 09:42 WIB
Deretan ban dengan harga promosi ada dijajakan di salah satu gerai Planet Ban R4 Setyo Adi/OtomaniaDeretan ban dengan harga promosi ada dijajakan di salah satu gerai Planet Ban R4

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil terbuat dari karet dan akan terkikis seiring dengan pemakaian. Ban yang sudah terkikis akan menjadi botak dan membuat performanya tidak lagi optimal. Untuk itu, tiap pemilik mobil diwajibkan untuk mengganti ban agar keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan tetap terjaga.

Ban yang sudah botak akan membuat traksi dari roda tidak lagi maksimal. Dengan kata lain, ban akan menjadi lebih licin dan tidak bisa mencengkram permukaan jalan dengan baik.

Baca juga: Dampak Negatif Ban Mobil yang Kurang atau Kelebihan Udara

Khususnya pada saat kondisi permukaan jalan yang basah, ban tidak bisa memecah air dengan baik karena alur atau kembangan ban sudah tidak dalam kondisi yang baik.

Panji Ardiansyah, Technical Support PT Multistrada Arah Sarana selaku produsen ban Achilles, menyarankan untuk memperhatikan TWI (Tread Wear Indicator) pada ban mobil.

"Sebaiknya, ganti ban saat alur atau kembangannya sudah di bawah 0,8 mm. Ukuran tersebut adalah batas TWI. Setiap ban yang perlu diganti, salah satu acuannya dari TWI," ujar Panji, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Catat, Pentingnya Melakukan Rotasi Ban Mobil

Panji menambahkan, selain membuat TWI jadi patokan untuk mengganti ban, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan.

"Jika ban sudah memiliki tambalan maksimal tiga titik, ban tersebut juga perlu untuk diganti dengan yang baru. Selain itu, perlu juga menggantinya jika bagian dinding samping ban terkena ban tajam," kata Panji.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X