Ketika Harley-Davidson Mau Diajak "Off-Road" ke Hutan

Kompas.com - 17/06/2019, 09:22 WIB
Harley Sportster berjubah Scrambler Harley Sportster berjubah Scrambler
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia kustom sepeda motor memang tak pernah terikat dengan salah satu hal atau aliran tertentu. Contohnya seperti karya Harley-Davidson Sportster lansiran 1998 XLH883 garapan CEO K&H Co, Chikara Ueyama.

Beda dengan kebanyakan kustom Harley lain yang umumnya mengedepankan konsep Bobber, Chopper, atau bahakan Flat Tracker, Ueyana justru memilih konsep Scrambler. Hasil akhirnya pun patut diacungi jempol, karena selain rapi, boleh dibilang kustom yang dilakukannya cukup kontras antara sektor satu dengan lainnya.

Ueyana mengaku proses pengerjaannya memang tidak dikejar oleh waktu, dia sendiri menyelesaikan rancang bangun motor ini dalam waktu tiga tahun. Bukan karena kesulitan, melainkan banyak komponen dari motor ini yang dibuatnya sendiri alias handmade.

Baca juga: BMW G310 Tampil Beda dengan Tema Scrambler

Mulai dari subframe, skid plate, sampai kustom tangki bahan bakar dengan model klasik dan berdimensi mini. Menariknya, material yang digunakan rata-rata menggunakan serat karbon.

Harley Sportster berjubah Scrambler Harley Sportster berjubah Scrambler

"Ini adalah mesin motor saya pribadi, saya membangun dengan konsep Scrambler karena menginginkan sebuah motor yang bisa digunakan ke mana saja. Saya sendiri suka dengan adventure dan off-road dan membuat motor ini menghabiskan waktu saya sampai tiga tahun," ucap Ueyama yang disitat dari Bikebound.com, Minggu (16/6/2019).

Ubahan paling besar selain tampilan ada di sektor kaki-kaki yang dibuat lebih berisi dan berjenjang. Suspensi depan kini menggunakan model upside down, sementara pada bagian belakang dipilih keluaran Ohlins TTX yang memiliki dimensi cukup tinggi dan membuat "tongkrongannya" pun benar-benar seperti motor penggaruk tanah.

Harley Sportster berjubah Scrambler Harley Sportster berjubah Scrambler

Sementara untuk roda menggusung konsep jari-jari dengan balutan ban "tahu" yang khas digunakan untuk bermain tanah atau motor-motor enduro. Tenaga yang dikeluarkan dari mesin V-Twin milik Harley ditampung menggunakan knalpot Akrapovic berkonfigurasi 2into1.

Meski cukup drastis, tapi Ueyama tak mau identitas sejati dari Harley hilang tergerus konsep ubahannya. Karena itu, untuk urusan mesin pun diklaim tidak banyak berubah, sedangkan untuk tampilan mulai dari lampu depan, speedometer, oil tank, cover filter udara sampai spatbor belakang sengaja masih dipertahankan.

Harley Sportster berjubah Scrambler Harley Sportster berjubah Scrambler

"Saya sengaja mempertahankan beberapa identitas asli dari Harley khususnya yang memiliki karakteristik khusus Sportster 883 di beberapa area. Jadi tidak semuanya total saja gantikan dengan komponen lain," kata Ueyama.



Sumber Bikebound
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X