Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Raih Podium Perdana Sembari Menahan Sakit

Kompas.com - 17/06/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat tercecer di awal pertandingan, Fabio Quartararo akhirnya berhasil meraih podium perdana di MotoGP Catalunya, Minggu (16/6/2019). Berhasil menyelesaikan balap tepat di belakang Marc Marquez, menjadi prestasi tersendiri bagi pebalap rookie Petronas Yamaha SRT tersebut.

Sebelumnya, pada beberapa sesi latihan bebas Quartararo sudah bisa tampil agresif dan mendominasi. Bahkan pada babak kualifikasi, pebalap berkebangsaan Perancis ini bisa meraih catatan waktu lebih dari para pebalap papan atas lainnya dan mengklaim pole position.

Memanfaatkan momen pertarungan Danilo Petrucci dan Alex Rains, Quartararo sukses menerobos masuk ke urutan kedua di sisa tujuh putaran akhir. Dia pun langsung memutar habis pedal gas tunggangannya untuk menciptakan jarak dengan para rival di belakangnya.

Baca juga: Drama Lorenzo, Antarkan Marquez Juara di MotoGP Catalunya

"Luar biasa, sungguh sulit untuk menyalip Petrucci dan Rins. Saya bisa melewati Petrucci dengan sangat dekat, otot saya benar-benar bekerja keras," ujar Quartararo yang disitat dari Crash.net, Minggu (16/6/2019)

Dalam tujuh seri MotoGP 2019, prestasi ini memang menjadi momen perdana bagi Quartararo. Apalagi pencapaian ini diukir setelah dia baru saja selesai menjalani operasi pada lenggannya beberapa waktu lalu.

Fabio Quartararo raih pole position di GP JErez 2019Twitter/Quartararo Fabio Quartararo raih pole position di GP JErez 2019

Menurut Quartararo, meski masih terasa sakit, namun selama balap berlangsung dia mencoba untuk tidak mempertimbangkan bekas operasinya tersebut. Bahkan diusai lomba, dia mengatakan bekas lukanya sedikit melebar.

"Dengan adrenalin berjuang untuk podium, saya tidak memikirkan rasa sakit atau merasakannya. Terima kasih untuk semua tim, 10 hari lalu saya menjalani operasi dan sekarang kami sudah berada di sini (podium kedua)," ujar Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com