Ini Fakta Benar soal Panaskan Mesin Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 14/06/2019, 15:42 WIB
Transmisi Otomatis Stanly/OtomaniaTransmisi Otomatis

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi otomatis mengalami peningkatan permintaan belakangan ini. Kemudahan berkendara menjadi idaman pemilik kendaraan terutama di perkotaan.

Terkait transmisi otomatis ini berbagai informasi berkembang di masyarakat. Belakangan yang tersebar di media sosial adalah mengenai memanaskan mobil dengan tuas di posisi P.

Dalam informasi tersebut dikatakan memanaskan mobil di posisi P akan membuat pompa oli tidak bekerja dan tidak melumasi komponen yang ada yang akhirnya membuat transmisi aus dan umurnya lebih pendek. Informasi tersebut juga menyebutkan baiknya memanaskan mobil dalam posisi tuas di N.

Menanggapi informasi ini, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengungkapkan informasi tersebut tidak benar dan mengarah pada kekeliruan.

“Tidak benar informasi tersebut. Antara posisi P dan N, oli transmisi tetap bekerja,” ucap Bambang yang dihubungi Jumat (14/6/2019).

Toyota Rush Transmisi Matik Masih Inden

Informasi terkait memanaskan mobil di posisi P bagi transmisi otomatis tersebar di media sosialFacebook Informasi terkait memanaskan mobil di posisi P bagi transmisi otomatis tersebar di media sosial

Bambang menjelaskan, pada saat posisi P, lock output shaft terkunci secara manual. Saat tuas digerakkan ke posisi N, kunci terlepas dari shaft.

Dalam proses kerja mobil bertransmisi otomatis, pompa oli transmisi akan langsung bekerja selaras dengan putaran mesin.  Begitu mesin menyala, pompa oli bekerja, tekanan oli langsung bergerak melumasi kampas.

“Jadi tidak ada pengaruhnya mau di P dan N. Lagipula sekarang memanaskan mobil itu tidak perlu lama-lama, teknologi material dan oli sudah lebih canggih. Begitu mesin menyala, mau langsung dipakai juga tidak masalah,” ucap Bambang.

Terkait posisi tuas yang tepat, Bambang menyarankan tetap di P. Alasannya untuk keamanan agar mobil tidak bergerak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X