Kenali Cara Kerja Karburator pada Motor

Kompas.com - 13/06/2019, 11:02 WIB
Inilah penampakan karburator yang diklaim mampu dongkrak tenaga dengan dua teknologi baru. donny apriliananda Inilah penampakan karburator yang diklaim mampu dongkrak tenaga dengan dua teknologi baru.
|

JAKARTA, KOMPAS.com -Sistem pengkabutan bahan bakar pada sepeda motor terdiri dari dua jenis, yaitu karburator dan injeksi. Namun, motor keluaran terbaru sebagian besar sudah mengadopsi sistem injeksi karena lebih optimal dalam menghasilkan tenaga.

Namun, tidak sedikit dari pengguna motor cenderung lebih suka pada sistem pengkabutan karburator ketimbang injeksi. Alasan sederhana, karena secara harga relatif lebih murah, bahkan keunggulan karburator, yaitu komponennya cukup sederhana dan mudah dibongkar pasang, sehingga gampang dianalisis jika terjadi masalah.

Baca juga: Tips Memilih Spion untuk Motor Modifikasi

Nah, Anda yang belum paham tentang cara kerja dan fungsi karburator, apabila mengutip buku "Servis dan Teknik Reparasi Sepeda Motor" yang disusun Drs. M. Suratman, secara fungsi mencampur bahan bakar dan udara dengan perbandingan tertentu menurut kecepatan dan beban yang ditanggung.

Karburator MotorFoto: Autoexpose.org Karburator Motor

"Dasar kerja karburator mirip dengan semprotan nyamuk, mengubah cairan menjadi bentuk kabut dengan mengandalkan kevakuman ketika piston bergerak turun pada langkah isap," tulis buku tersebut pada halaman 31, dikutip Kompas.com, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Penyebab Ban Motor Benjol

Karburator mulai berkerja sejak mesin dihidupkan. Ketika jantung pacu menyala, maka akan menghisap udara melalui komponen itu. Udara tersebut kemudian berfungsi  dan menyatu dengan bahan bakar minyak (BBM) menjadi gas atau kabut bensin.

Gas tersebut yang disemprotkan ke silinder untuk dibakar dan menghasilkan ledakan kemudian dikonversi menjadi tenaga. Banyak atau sedikitnya gas yang disemprotkan tersebut tergantung dari bukaan gas.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X