Imbauan Polisi, Tangki BBM dan Saldo Kartu Tol Harus Penuh

Kompas.com - 08/06/2019, 13:02 WIB
Kendaraan yang melintasi ramai lancar di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAKendaraan yang melintasi ramai lancar di Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemudik yang akan kembali ke Jakarta harus tetap berhati-hati karena akan menempuh perjalanan yang jauh. Persiapan mutlak dilakukan agar perjalanan balik dari kampung halaman bisa aman dan nyaman.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin memberikan tips untuk pemudik yang sedang baik ke arah Jakarta menggunakan mobil. Tips ringan ini diharapkan dapat membuat perjalanan di lebih menyenangkan.

Baca juga: Pemilik Kendaraan Manfaatkan Posko Siaga untuk Pengecekan

"Pertama jangan lupa mengisi kartu E-Toll atau sejenisnya. Pastikan saldo terisi agar perjalanan lebih cepat. Karena jika tidak ada isinya bisa mengakibatkan penumpukan,” kata Benyamin kepada Kompas.com belum lama ini.

Selanjutnya, kata Benyamin, isi bahan bakar minyak (BBM) penuh sebelum berangkat. Jangan isi bensin ketika di rest area. Tujuannya untuk menjaga tidak terjadi penumpukan di tempat istirahat dan supaya stok BBM di lokasi tidak cepat habis.

“Jika di tol bensin hampir habis dan rest area atau SPBU masih jauh jangan paksakan mobil sampai tempat tujuan, lebih baik keluar dari tol ke jalan biasa atau jalan nasional dan cari SPBU terdekat. Jangan paksakan harus isi bensin di rest area,” katanya.

Baca juga: Pemilik Kendaraan Manfaatkan Posko Siaga untuk Pengecekan

Cara ini cukup efektif menghindari antrean panjang di SPBU supaya tak terjadi penumpukan kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar secara bersamaan. Alhasil kemacetan di sekitar rest area dan SPBU bisa terhindarkan.

Benyamin menambahkan, jika rest area dan antrian di SPBU sudah mengular, sebaiknya keluar dari tol dan cari SPBU di jalan biasa. Jangan takut keluar tol karena gerbang tol sekarang sudah banyak.

“Jangan takut keluar tol sekarang sudah banyak gerbang masuk tol. Justru bisa jadi hiburan tersendiri cari makan di jalan biasa , kemudian baru balik ke tol," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X