Jika Arus Balik Padat, "One Way" Semarang-Cawang Siap Diterapkan

Kompas.com - 06/06/2019, 13:03 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik Lebaran diprediksi akan terjadi pada 8-9 Juni 2019. Menaggapi perkiraan tersebut, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian, menyarankan bagi para pemudik untuk pulang lebih awal, terlebih yang saat arus mudik kemarin telah berangkat lebih awal.

"Karena itu, saran dari imbauan dari kepolisian tolong bagi yang sudah lama pulang, upayakan hari Jumat pulang. Jadi tanggal 7 sudah mulai kembali, jangan sampai nanti kena di Sabtu-Minggu," ucap Tito yang dilansir ddari ntmcpolri.info, Rabu (5/6/2019).

Tito juga menyarankan bagi pemudik yang telah terlanjur mengambil cuti lebih lama, sebaiknya pulang ke Jakarta setelah 9 Juni 2019 agar terhindar dari kemacetan bila terjadi peningkatan volume kendaraan.

Baca juga: Mengajak Fortuner Bermain di Habitat Aslinya

Kemudian untuk cara mengantisipasi puncak arus balik, bila memang terjadi kepadatan panjang maka akan diberlakukan one way dari Kalikangkung hingga Cawang. Namun, Tito juga meminta pemudik untuk rajin memantau berita soal situasi lalu lintas atau bisa melihat dari media sosial.

Gerbang Tol KalikangkungDok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Gerbang Tol Kalikangkung

"Kalau terjadi kepadatan yang luar biasa di hari Sabtu-Minggu upayakan jangan paksakan diri. Kita mungkin akan rekayasa lalu lintas, contraflow maupun mungkin one way paling tidak dari Kalikangkung, Semarang, sampai Cawang (Jakarta), kita akan berlakukan. Semua akan situasional," kata Tito.

Bukan hanya itu, kawasan daerah jalur selatan menurut Tito juga sudah ada rekayasa lalu lintasnya sendiri. Terutama dalam mengantisipasi terjadinya puncak gelombang kepadatan lalu lintas yang diprediksi pada Sabtu-Minggu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.