Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Punya Varian Baru, Khusus untuk Taksi

Kompas.com - 06/06/2019, 11:03 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki belum lama ini telah meluncurkan varian baru dari Ertiga di India. Tipe yang punya nama Tour M ini dibuat untuk menyasar pembeli borongan alias fleet dan taxi.

Keputusan Maruti Suzuki menghadirkan varian ini, sebab melihat pasar taxi atau fleet di India sedang berkembang pesat. Ertiga Tour M ini hadir karena model multi porpose vehicle (MPV) sebelumnya sudah digunakan berbagai perusahaan untuk kendaraan operasional.

Fitur yang disematkan pada varian ini, seperti lampu depan proyektor halogen, gril dengan sentuhan krom, kaca spion dengan housing dan power steering. Selain itu, kaca depan dan belakang sudah menggunakan power window serta fitur pelipat kaca spion otomatis.

Fitur keamanan dan keselamatan lainnya seperti remote central lock, dua airbag di depan, fitur pengereman ABS EBD, seatbelt reminder, sensor parkir dan speed limiter. Selain itu hadir multi information display berwarna, soket power 12 volt di depan dan belakang, serta audio sistem dengan Aux In, USB dan Bluetooth.

Baca juga: Teknologi Hybrid Suzuki Tak Hanya di Ertiga

Urusan jantung pacu, varian ini menggendong mesin 1.5L K15B bertenaga 105 tk dan torsi 138 Nm, atau sama seperti varian lain. Bahkan, rumors mesin ini juga akan dipasangkan sistem bahan bakar gas (CNG) karena bahan bakar ini populer digunakan armada taksi di India.

Langkah Maruti Suzuki India ini cukup menarik. Tetapi apa akan diikuti oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS)? Namun, beberapa waktu lalu merek otomotif asal Jepang ini sempat mengatakan bahwa tidak punya rencana untuk menjadikan Ertiga menjadi taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com