Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana Lengang Jalan di Jakarta Saat Lebaran Hari Pertama

Kompas.com - 05/06/2019, 08:37 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama Lebaran 2019, suasana jalan DKI Jakarta berbeda seperti biasa. Momen satu tahun sekali ini menjadi saksi bagi masyarakat melihat suasana Ibu Kota yang biasanya ramai dan macet, kini berubah sepi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (5/6/2019) sejak pagi beberapa ruas jalan yang biasanya macet terlihat lengang. Kemacetan yang biasanya menghiasi Jakarta memang hilang beberapa hari terakhir menyambut libur Lebaran.

Salah satunya kawasan Cawang, di mana lalu lintas cukup lengang. Hanya terlihat beberapa kendaraan yang melintas untuk berkegiatan.

Suasana lengang ini juga berlanjut di ruas jalan MT Haryono menuju patung Pancoran hingga berlanjut ke Semanggi. Kondisi lalu lintas sepi tidak seperti hari biasa yang dipadati kendaraan. Namun arus lalu lintas yang menuju tol Cikampek terhitung ramai sejak pagi.

Baca juga: Arus Mudik Selesai, Angka Kecelakaan Turun 88 Persen

Kondisi yang serupa juga terlihat di ruas tol dalam kota yang tidak dipadati kendaraan.
Suasana sepi juga terlihat di ruas jalan MH Thamrin, kawasan Senen dan HR Rasuna Said. Kondisi jalan yang sepi ini dimanfaatkan masyarakat dengan berbagai kegiatan.

Suasana Jakarta saat Lebaran 5/6/2019Kompas.com/Setyo Adi Suasana Jakarta saat Lebaran 5/6/2019

Kegiatan unik

Momen jalan yang sepi dan lengang ini jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Banyak yang berbondong-bondong ke kawasan Bundaran HI dan MH Thamrin untuk sekedar mengabadikan kondisi Jakarta yang sepi dengan berfoto ria.

"Ini momen yang jarang. Setahun sekali melihat Jakarta sepi. Saya dan keluarga coba mengabadikan dengan cara berbeda," ucap Henry (44) warga Raden Saleh yang ditemui tengah berfoto menggunakan piyama dan pakaian rumahan.

Hal yang sama dilakukan Evelyn dari Legenda Wisata, Cibubur yang tiba bersama keluarganya di kawasan Bundaran HI dengan peralatan mencuci baju serta sapu. Ia memiliki ide berfoto seperti ini karena melihat postingan viral di media sosial.

"Saya sudah rencanakan sejak tahun lalu. Ingin foto dengan gaya seperti ini setelah melihat hasilnya unik di media sosial," ucap Evelyn.

Kondisi jalan yang sepi memang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi waktu liburan.

Suasana Jakarta saat Lebaran 5/6/2019Kompas.com/Setyo Adi Suasana Jakarta saat Lebaran 5/6/2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com