Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR250RR Bisa Pakai Fitur Keyless

Kompas.com - 03/06/2019, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di kelas motor sport 250 cc baru Ninja 250 yang menggunakan kunci kontak keyless. Sedangkan dua rivalnya dari merek Jepang, yaitu Honda CBR250RR dan Yamaha YZF-R25 masih setia memakai kunci biasa.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pihaknya selalu terbuka dengan opsi penambahan fitur pada CBR250RR. Namun saat ini AHM baru sebatas studi kebutuhan pasar.

"Kita lagi pelajari kondisinya, teknologinya, dan kebutuhan pasarnya seperti apa," kata Thomas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diskon Motor Sport 250cc di Jakarta Fair, Ninja Rabat Rp 4 Juta

Kawasaki Ninja 250KOMPAS.com/Gilang Kawasaki Ninja 250

Di sisi lain, Yamaha yang baru meluncurkan generasi baru YZF-R25 pada November tahun lalu juga tidak dibekali keyless. Yamaha sengaja tidak menambahkan fitur "kunci pintar" supaya harga jual R25 tidak terlalu tinggi.

"Saya rasa itu bisa jadi strategi pemasaran. Tetapi itu akan menambah biaya. Saya pikir setiap pabrikan memiliki pertimbangan masing-masing dan melihat konsumen mana yang disasar," kata M Abidin, GM Aftersales dan Motorsport YIMM kala itu.

Baca juga: Honda PCX Inden sampai 2 Bulan, AHM Minta Maaf

Menilik harga jual Ninja 250, penambahan fitur keyless memang membuat harga motor jadi lebih mahal. Kawasaki Ninja 250 SE ABS/MDP contohnya sebagai varian unggulan, dibanderol Rp 75 juta on the road (OTR) Jakarta.

Angka tersebut membuat Ninja 250 keyless sebagai motor sport seperempat liter paling mahal saat ini. Dibandingkan dengan Honda CBR250RR livery Honda Racing Red ABS seharga Rp 71,8 juta atau YZF-R25 ABS yang dipatok Rp 65,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com