Prediksi Honda Jualan Motor Semester II 2019 Bisa Tumbuh

Kompas.com - 03/06/2019, 14:24 WIB
Penjualan Honda BeAT di Jawa Barat Penjualan Honda BeAT di Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Periode penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) pada Januari hingga April 2019 mengalami pertumbuhan 13 persen. Secara jumlah, dari 1,5 juta unit di 2018 menjadi 1,7 juta unit dalam empat bulan pertama tahun ini.

Pertumbuhan tersebut, seperti dijelaskan Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya karena ada beberapa faktor, salah satunya momen menjelang Lebaran, di mana masyarakat banyak yang membeli sepeda motor.

Masuk semester kedua nanti, lanjut Thomas diharapkan juga bisa tumbuh lagi. Sebab, banyak faktor penunjang seperti masa panen petani akan dimulai usai Lebaran, banyak pameran otomotif, hingga uang THR.

"Jadi mungkin uang THR yang masih ada bisa digunakan untuk membeli motor baru," ucap Thomas belum lama ini di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: Kecewa Putusan MA, AHM Berencana Tempuh Langkah Hukum

Menurut Thomas, tren setiap tahun untuk semester pertama secara jumlah selalu lebih kecil dibanding enam bulan selanjutnya. Komposisi 47-49 persen buat enam bulan pertama, dan 50-52 persen di enam bulan terakhir.

"Kita berharap setelah lebaran berkelanjutan, terkait dengan pameran, tahun ajaran baru, ada potensi penjualan dan pasar meningkat," kata Thomas.

Thomas melanjutkan, melihat kondisi ekonomi yang sekarang ini, untuk penjualan motor secara nasional tahun ini kurang lebih sama dengan 2018, yaitu sekitar 6 juta sampai 6,3 juta unit.

"Untuk tahun ini, penjualan Honda juga diprediksi sama dengan tahun lalu, sekitar 4,5 juta sampai 4,7 juta unit," ujar Thomas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X