Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Jarak Jauh, Istirahat Dua Jam Sekali

Kompas.com - 03/06/2019, 14:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan mudik, kondisi tubuh harus tetap prima. Janganlah memaksakan diri untuk berkendara di saat badan mulai lelah. Untuk itu, pemudik dianjurkan untuk beristirahat secara teratur agar konsentrasi saat berkendara tetap terjaga.

Banyak orang yang menyarankan untuk beristirahat jika sudah berkendara terlalu lama. Ada yang menganjurkan setiap dua jam, tiga jam, atau bahkan empat jam sekali.

Baca juga: Innova Community Berbagi Tips Aman Berkendara Saat Mudik

Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), waktu istirahat yang ideal saat berkendara jarak jauh seperti mudik adalah dua jam sekali. Sementara durasi istirahatnya bisa berbeda-beda.

"Minimal 15 menit sampai 30 menit. Lalu saat istirahat yang kedua, 30 menit sampai satu jam. Saat istirahat, bisa melakukan peregangan agar sirkulasi darah tetap lancar," jelas Jusri, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Posisi Duduk Nyaman, Mudik Lebih Aman

"Lalu, untuk istirahat yang ketiga, paling benar adalah dengan tidur sekitar 30 menit sampai satu jam, atau istilah lainnya adalah power nap. Hal ini cukup ampuh untuk mengurangi kelelahan," lanjut Jusri.

Jusri juga menambahkan, durasi total berkendara yang disarankan maksimal adalah 8 jam sampai 10 jam. Durasi tersebut bukan mengacu pada ketahanan mobil, melainkan jam biologis tubuh manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com