Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" dan "Contra Flow" di Tol Trans Jawa Dinilai Efektif

Kompas.com - 03/06/2019, 13:01 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menilai penerapan sistem one way dan confra flow pada arus mudik Lebaran 2019 di Tol Trans Jawa, cukup efektif. Kebijakan tersebut berhasil mengurai kemacetan, dan paling penting mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Refdi menjelaskan, penerapan skema tersebut sudah melalui pemikiran yang cukup matang, sehingga bisa belajar dari pengalaman.

"Kami tidak ingin kejadian seperti dulu terulang lagi, dan sekarang dengan infrastruktur dan pengaturan lalu lintas yang sudah direncanakan maka pemudik merasa senang," ujar Refdi ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (2/6/2019) malam.

Baca juga: Saat "One Way", Pemudik Diimbau Tetap Tertib

Refdi juga berharap ketika arus balik Lebaran 2019, penerapan rekayasa lalu lintas itu bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa dengan aman dan nyaman tiba di rumah masing-masing.

"Kami akan berusaha mengatur lalu lintas dengan semaksimal mungkin agar semuanya berjalan dengan lancar. Kami juga harapan pemudik bisa bekerjasama dengan petugas agar tercipta suasana yang aman dan nyaman," ucap jenderal bintang dua itu.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

Pengaturan lalu lintas dengan skema contra flow maupun one way diberlakukan mulai 30-31 Mei 2019 dan 1-2 Juni 2019 dan 8-10 Juni 2019 untuk arus balik, dengan rencana operasi sebagai berikut :

- Contra Flow akan diberlakukan mulai dari Km 29 sampai dengan Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pada pukul 06.00 - 21.00 WIB

- One Way diberlakukan mulai dari Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 263 Jalan Tol Pejagan-Pemalang, pada pukul 09.00 - 21.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com