Detail Desain Scooter Tiga Roda Peugeot Metropolis

Kompas.com - 03/06/2019, 03:02 WIB
Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbedaKompas.com/Setyo Adi Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Peugeot Scooter kembali menunjukkan taringnya di Indonesia saat menghadirkan beragam produk di IMOS 2018 lalu. Salah satu yang mengundang perhatian adalah skutik besar Metropolis Allure 400.

Skutik beroda tiga ini menyasar segmen premium di Tanah Air. Untuk bahasan pertama, mari kita menyimak sisi eksterior motor berharga Rp 274 juta ini.

Secara kasat mata, desain Metropolis menganut Eropa mindset. Lekuknya memperlihatkan desain-desain skutik Peugeot yang sudah hadir lebih dulu seperti Django.

Dari dimensi, Metropolis memiliki panjang 2.152 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.450 mm. Ukuran ini cukup meyulitkan bila tidak menemukan ruang parkir yang mencukupi atau parkir khusus motor besar namun ada kelebihan juga dari besarnya dimensi ini.

Bagian depan, Metropolis sudah menggunakan windshield bening yang dapat diatur ketinggiannya secara manual sesuai dengan kebutuhan saat berkendara. Sayangnya, tidak ada dudukan plat nomor depan yang membuat plat ditempel di bagian depan dasbor yang berbatasan dengan windshield tadi.

Peugeot Bicara Mobil Listrik buat Indonesia

Dari depan lagi kita dapat melihat penggunaan DRL LED di antara kedua roda depan Metropolis yang diposisikan tegak lurus. Headlamp halogen hadir dengan desain menarik termasuk hadirnya kisi-kisi grille di bagian depan motor.

Beranjak ke bagian tempat duduk pengendara, jok untuk pembonceng maupun pengendara nampak lebar. Tinggi tempat duduk 780 mm dirasa tidak menyulitkan penguji yang memiliki tinggi 169 cm. Kenyamanan didapat dari hadirnya sandaran di bagian belakang untuk pengemudi dan boncenger saat perjalanan jauh.

Sisi samping Metropolis nampak kokoh dengan hadirnya behel berwarna silver yang dapat dimanfaatkan untuk berpegangan penumpang. Di bagian belakang, desain nampak menyatu dengan bodi yang memiliki kegunaan.

Bagian belakang Metropolis dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan atau seperti box yang tersambung dengan bagasi di bawah tempat duduk. Bagian belakang ini dapat menyimpan satu buah helm yang dapat dikunci untuk keamanan.

Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbedaKompas.com/Setyo Adi Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

Desain belakang ini juga membedakan Metropolis dari skutik besar sekelas, stoplamp berada di sisi kiri kanan box. Nampak belakang motor ini memberikan kesan besar ditambah dengan knalpot berdesain minimalis di sisi kanan bawah motor.

Untuk ukuran ban, depan menggunakan 110/70 R 13 dan belakang 140/70 R14. Ketiga ban sudah menggunakan cakram di mana ukuran depan 230 mm dan belakang 240 mm. Fitur keselamatan ABS sudah menjadi standar motor ini.

Standar kenyamananya hadir dengan penggunaan hidrolik mono-shock di depan dan double adjustable shock untuk belakang yang dapat diatur dengan empat tingkatan. Motor ini ditawarkan dalam tiga warna yakni coklat, silver, dan hitam.

Setelah bahasan tampilan luar motor ini kita beranjak ke tulisan berikutnya mengenai beberapa kemudahan di motor ini.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X