Komparasi Awal Honda Forza vs Yamaha XMAX

Kompas.com - 02/06/2019, 12:32 WIB
Honda Forza Kompas.com/DonnyHonda Forza

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan skutik bongsor 250cc semakin beragam. Ada Yamaha XMAX, Honda Forza, Kymco Downtown 250i, Benelli Zafferano, dan SYM GTS 250i.

Redaksi Kompas.com kebagian untuk mengetes Honda Forza selama beberapa hari. Jika dilihat dari asal pabrikannya yang sama-sama Jepang, Forza akan lebih apple-to-apple jika dihadapkan dengan XMAX.

Keduanya menawarkan beberapa fitur-fitur yang sama. Tapi, ada juga beberapa hal yang membedakan kedua skutik 250cc tersebut, baik dari desain, fitur, maupun spesifikasinya.

Baca juga: 2 Faktor Ini yang Bikin Pembeli Honda Forza Menunggu Lama

Desain
Untuk desain, kembali lagi kepada selera dari konsumen. Forza terlihat lebih sporty dan juga elegan dengan aksen krom di beberapa bagian. Sementara XMAX, desainnya lebih agresif dan sangar dengan dominasi warna hitam.

Dimensi
Secara dimensi, Forza juga terlihat lebih kompak jika dibandingkan dengan XMAX. Skutik buatan Honda ini punya dimensi panjang 2.142 mm, lebar 754 mm, dan tinggi 1.472 mm. Sementara XMAX sedikit lebih besar, panjangnya 2.185 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.465 mm.

Selain itu, Forza juga memiliki tinggi jok yang lebih rendah dari XMAX, membuatnya lebih bersahabat dengan postur orang Indonesia pada umumnya. Test rider Kompas.com yang postur tinggi hanya 157 cm dan berat 56 kg ini masih bisa mengendalikan Forza dengan sedikit jinjit.

Baca juga: Janji Honda Segera Penuhi Inden Forza

Meskipun joknya lebih rendah, namun secara spesifikasi Forza lebih berat 3 kg dari XMAX. Bobot skutik ini mencapai 182 kg, sementara XMAX hanya 179 kg.

Fitur
Baik Forza atau XMAX sama-sama menawarkan kenyamanan, kemudahan, dan keamanan, melalui fitur-fiturnya yang modern. Keduanya sudah dibekali lampu LED di semua pencahayaannya, electric power socket, teknologi keyless, rem ABS, dan kontrol traksi.

Bagian yang membedakan adalah pada Forza, windshield bisa diatur secara elektrik. Hanya cukup menekan tombol yang ada di area sebelah kiri setang. Sementara XMAX, harus melakukannya secara manual.

Namun, XMAX menawarkan kompartemen yang lebih banyak dibanding Forza. Bagasinya mampu menampung dua helm full face sekaligus. Sementara Forza, hanya sanggup menampung satu helm full face dan satu helm half face.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X