Kompas.com - 01/06/2019, 03:42 WIB
Jalur Penyelamatan Semarang-Solo Jalur Penyelamatan Semarang-Solo
Penulis Stanly Ravel
|

BAWEN, KOMPAS.com - Jalan Tol Semarang - Solo menjadi salah satu ruas Trans Jawa yang menyajikan pemandangan indah, tepatnya pada Seksi III Bawen-Salatiga. Namun dibalik itu, pengemudi akan dihadapi dengan rute berkelok yang memiliki jalan turunan dan tanjakan relatif curam.

Karena itu, pengemudi harus ekstra hati-hati dan jangan sampai terbuai dengan keindahan alam tanpa mengontrol kecepatan kendaraannya. Karena memang turunan di ruas tersebut cukup landai dan panjang.

Namun sebagai langkah untuk mengantisipasi adanya kejadian darurat seperti rem blong, pihak pengelola yakni PT Trans Marga Jateng (TMJ) telang melengkapi ruas jalan tersebut dengan jalur penyelematan atau emegency safety area pada bagian sisi kiri jalan.

Baca juga: Mudik Lewat Trans Jawa, Perhatikan Empat Pantangan Ini

Jalur penyelamatan berguna untuk meredam laju kendaraan saat terjadi masalah rem yang blong atau tidak berfungsi dengan baik. Berdasarkan data, rata-rata ketinggian jalur penyelamatan sekitar enam meter, dengan panjang 20 meter, dan lebar tiga meter.

Bagi para pemudik yang mengalamai masalah rem blong, bisa memanfaatkan fasilitas darurat tersebut. Caranya, seperti yang diutarakan Jusri Pulubuhu, selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Ilustrasi Rem blong Ilustrasi Rem blong
"Jangan panik dan tetap kemudikan mobil dalam kondisi normal, pastikan kendaraan pada posisi kiri jalan dan bantu rendamkan kecepatan dengan engine brake," kata Jusri kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mudik dengan Mobil Pribadi, Apa yang Harus Disiapkan?

Saat mulai masuk ke area penyelamatan, menurut Jusri pengemudi tak perlu banyak usaha. Cukup diamkan sambil benar-benar berhenti bergerak.

Justri melanjutkan, jalur penyelamat yang sesuai aturan itu memiliki dasar dari bebatuan kecil (gravel) dan pasir. Kedua jenis itu mampu meredam laju kendaraan, sehingga bisa berhenti dengan sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.