Mudik Bawa Mobil, Jangan Melebihi Kapasitas Penumpang

Kompas.com - 29/05/2019, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebentar lagi menjelang musim mudik Lebaran. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada banyak orang yang mudik menggunakan mobil pribadi karena sudah dibukanya jalur Tol Trans Jawa.

Umumnya, para pemudik ini menggunakan mobil-mobil dengan konfigurasi 7- seater alias tujuh penumpang. Namun, sering kali pemudik ini mengisi mobil mereka dengan jumlah penumpang yang berlebihan.

Baca juga: Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Sepanjang Jalur Mudik

Setiap penumpang sejatinya sudah diberikan sabuk pengaman di masing-masing bangku. Termasuk penumpang yang ada di baris ketiga sekalipun.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), menyarankan agar pemudik tidak melebihi kapasitas suatu mobil. Pasalnya, hal ini menyangkut masalah keamanan penumpang.

"Disarankan semua penumpang untuk menggunakan seat belt. Jadi, idealnya jumlah penumpang disesuaikan dengan jumlah seat belt yang tersedia, karena safety harus diutamakan," ujar Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Mudik dari Kakorlantas Polri

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan mobil yang diisi melebihi kapasitas penumpang, dapat memberi dampak pada karakter mobil.

"Saat menikung, gaya sentrifugal yang dikeluarkan tentu akan semakin besar. Mobil akan mudah kena body roll. Begitu pula dengan jarak pengereman juga jadi jauh. Belum lagi barang bawaan penumpang yang semakin menambah beban pada mobil," jelas Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.