Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Xpander Menurun, Mitsubishi Masih Anteng

Kompas.com - 29/05/2019, 13:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Catatan penjualan Xpander pada April 2019 mengalami penurunan. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Xpander mencatatkan angka wholesale 3.572 unit pada April 2019. Angka ini turun jauh dibanding Maret yang mencatat 8.115 unit.

Menanggapi kondisi ini Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono mengungkapkan pihaknya tidak terlalu khawatir. Penurunan ini menurutnya terjadi karena beberapa hal.

“Kondisi ini tidak signifikan. Kami ada penutupan tahun fiskal pada Maret lalu jadi kami coba penuhi wholesale Maret lalu lebih tinggi. Dampaknya April jadi turun. Tapi permintaan konsumen sama,” ucap Kono yang ditemui Selasa (28/5/2019).

Kono menjelaskan tahun ini penerimaan penjualan Mitsubishi tidak buruk. Januari sampai April dua produk andalan Mitsubishi, Xpander dan Pajero Sport mendapatkan pangsa pasar yang cukup memuaskan.

Baca juga: Xpander Bermasalah di Filipina, Ini Kata Mitsubishi Indonesia

“Xpander sekitar 30 persen market share. Pajero Sport sekitar 46 persen. Capaian ini lebih tinggi dari tahun lalu,” ucap Kono.

Meski demikian Kono mengungkapkan volume sales memang menurun karena permintaan juga menurun yang berdampak pada penjualan. Namun dari sisi market share, capaiannya tidak berbeda jauh dari tahun lalu.

“Selain itu kemarin juga ada pemilu. Mungkin konsumen menunggu, melihat situasi. Tapi setelah pemilu dan peristiwa demo, kami coba tingkatkan (penjualan),” ucap Kono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com