Industri Otomotif Indonesia Harus Siap Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 27/05/2019, 10:42 WIB
Ilustrasi: Pekerja pabrik Toyota di Jepang. www.japantimes.co.jpIlustrasi: Pekerja pabrik Toyota di Jepang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif dalam negeri harus mampu bersaing dan masuk dalam persaingan otomotif dunia. Ini yang tengah dipersiapkan Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) menyambut era baru industri otomotif yakni kendaraan ramah lingkungan serta listrik.

Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengungkapkan perubahan industri otomotif Indonesia bahkan sudah dalam tahap harus berubah. Ini agar Indonesia tidak tertinggal jauh dalam era baru industri otomotif tersebut.

“Sekarang semua negara ingin menjadi negara industri. Oleh karena itu kita harus memastikan kegiatan yang dilakukan sudah harus melampaui negara-negara lain mulai dari regulasi dan pendukung lainnya. Pasar makin kompetitif,” ucap Warih yang ditemui beberapa waktu lalu.

Warih mengungkapkan sekarang semua negara bergerak menuju low carbon emission vehicle, baik kebutuhan pemerintahnya maupun masyarakatnya. Bila industri Indonesia tidak bergerak mengikuti permintaan maka akan membuat dampak pada pasar ekspor Indonesia.

Impresi Toyota Rush Lintasi 1.100 Km Tol Trans Jawa

“Kesempatan ekspor kita akan mengecil jika tidak berubah. Kita bergantung ekspor, Toyota sendiri sudah 50 persen ekspornya,” ucap Warih.

Negara tujuan ekspor Toyota saat ini berjumlah 70 sampai 80 negara. Warih menerangkan bila ada pergeseran pasar di negara tersebut ke kendaraan ramah lingkungan, maka Indonesia akan tidak kompetitif untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Jadi menurut saya, tidak ada pilihan untuk kita tidak beralih ke kendaraan rendah emisi. Karena bila tertinggal cukup jauh, kompetisinya akan sulit. Apalagi makin hari pasar semakin kompetitif dengan adanya berbagai kebijakan seperti free trade, trade barrier dan sebagainya. Dan kita tidak boleh melihat hanya pasar domestik saja,” ucap Warih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X