Ingin Mudik Aman dan Nyaman, Perhatikan Ini

Kompas.com - 26/05/2019, 08:02 WIB
Pelebaran jalan di ruas tol Tangerang - Merak, Selasa (21/5/2019). Pekerjaan pelebaran jalan dimulai dari KM 39 hingga KM 51 dan dijadwalkan rampung pada September 2019 merupakan titia Irawan kemacetan saat mudik lebaran.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pelebaran jalan di ruas tol Tangerang - Merak, Selasa (21/5/2019). Pekerjaan pelebaran jalan dimulai dari KM 39 hingga KM 51 dan dijadwalkan rampung pada September 2019 merupakan titia Irawan kemacetan saat mudik lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen mudik tinggal menghitung hari. Bagi pemilik kendaraan sudah pasti wajib mempersiapkan mobilnya untuk menempuh berbagai kondisi jalan dan situasi lalu lintas selama Lebaran.

“Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum berangkat mudik demi menambah keamanan dan kenyamanan selama perjalanan,” ucap Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi dalam keterangannya Sabtu (25/5/2019).

Untuk kendaraan, pemilik bisa melakukan servis rutin berupa pengecekan terhadap oli mesin, air radiator, kampas rem, ball joint, kondisi ban dan tekanan angin. Bagian kelistrikan seperti lampu utama, fog lamp dan hazard termasuk AC jangan terlewat.

Lakukan pengecekan pada kaca film untuk perjalan yang nyaman selama siang hari dan tidak lupa membawa kaca mata gelap agar tidak cepat lelah. Bawa peralatan seperti dongkrak, kotak P3K, kunci-kunci serta peralatan lain yang diperlukan.

Catat, Ini Jadwal Pemberlakukan Diskon Tarif Tol Mudik 2019

Untuk jasmani pengemudi persiapannya adalah memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan menyediakan obat-obatan yang dibutuhkan. Selain itu tidak lupa membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan dan uang tunai untuk diperjalanan.

Letakkan barang bawaan di dalam mobil, jangan di bagian luar atau atap kendaraan. Perhatikan tinggi muatan di dalam agar tidak menutup visibilitas kaca belakang.

Selama perjalanan pengemudi wajib mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas. Waspada terhadap kondisi sekitar, hindari rem mendadak dengan menjaga jarak aman serta pergunakan lampu sein saat ingin berpindah jalur.

Jangan lupa beristirahat selama perjalanan, maksimal tiga jam setelah berkendara. Lakukan peregangan atau istirahat kecil untuk mengembalikan kebugaran dan fokus ketika melanjutkan perjalanan.




Close Ads X