5 Komponen Motor yang Harus Diperhatikan Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 24/05/2019, 16:43 WIB
Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.ISTIMEWA Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para biker, terutama yang sering berpergian menggunakan sepeda motor saat bulan Ramadhan tetap harus memperhatikan kondisi motor. Apabila tidak prima terutama ketika cuaca panas, bisa mengganggu aktivitas.

Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk selalu memperhatikan komponen, terutama lima bagian yang perlu diberikan perhatian ekstra.

Berikut lima komponen motor yang harus diperhatikan saat cuaca panas, berdasarkan tips dari PT Astra Honda Motor (AHM):

Tekanan Ban :

Suhu panas dapat menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang.

Baca juga: Tips Mudik Ceria dan Aman dari Pak Polisi

“Selian itu dapat mengakibatkan tekanan ban berubah-ubah setiap saat. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengecekan kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standard yang ditentukan oleh pabrikan,” ujar Reza Rezdie Shahertian, Technical Training AHM.

BAN :  

Berikan perhatian lebih pada kondisi ban. Ban motor yang terkena suhu panas yang terus menerus dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat pecah-pecah atau getas.

Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian ban lama dengan yang baru apabila tekstur ban sudah terlihat retakan yang besar untuk mendapatkan kenyaman saat berkendara.

RANTAI MOTOR :

Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai menjadi kering dengan lebih cepat sehingga kerja rantai tidak halus.

Kinerja rantai dapat berkurang, rantai akan cenderung akan mengeluarkan bunyi kasar saat bekerja dan rantai dapat menjadi kaku.

Halaman:



Close Ads X