Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Toyota Fortuner VRZ dari Merak Sampai Solo

Kompas.com - 24/05/2019, 12:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Merapah Trans Jawa 4.0 kali ini, redaksi Kompas.com ditemani dua sport utility vehicle (SUV) besutan Toyota, yakni All New Rush dan Fortuner. Keduanya diajak berpetualang menelusuri tol sepanjang 965 km dari Merak hingga Probolinggo untuk memantau kesiapan infrastruktur jelang mudik Lebaran 2019.

Pada awal perjalanan, awak KompasOtomotif memilih untuk merasakan sensasi berkendara Toyota Fortuner VRZ 4x4 bertransmisi otomatis. SUV bongsor yang merupakan varian tetinggi di keluarga Fortuner ini, digunakan mulai dari Merak sampai Solo dengan mengunjungi beberapa kota sepanjang perjalanan, seperti Pekalongan dan Semarang yang total jarak tempuhnya mencapai 528 km.

Hampir semua fitur berkendara yang ada pada Fortunter sempat kami gunakan melibas setengah perjalanan ruas Tol Trans Jawa, terkecuali untuk sistem penggerak 4x4 mengingat semua lintasan sudah berlapis aspal dan beton. Eksplorasi pertama difokuskan untuk merasakan tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport.

Baca juga: Mudik Lewat Cipali-Brebes, Waspada Jalan Bergelombang

Saat dihadapi kemacetan tol Cikampek dan melintasi jalur perkotaan, pengendara bisa lebih efesien ketika memilih menggunakan Eco Mode. Saat kondisi jalan mulai stabil seperti saat melintasi ruas Cipali, Semarang Batang, sampai Solo, dua pilihan berkendara lainnya cukup sering Kompas.com gunakan.

Dalam situasi lalu lintas ruas tol yang lenggang, mode berkendara Normal menjadi pilihan yang cukup bijak, karena meski bisa membawa si bongsor dalam kondisi santai, tapi asupan tenaga mesin baru GD 2.4L VNT yang mampu memproduksi tenaga hingga 149 PS dan torsi puncak sebesar 40,3 Kgm juga sudah cukup terasa.

Berkendara Toyota Fortuner VRZ, di Merapah Trans Jawa 4 2019Kompas.com Berkendara Toyota Fortuner VRZ, di Merapah Trans Jawa 4 2019

Tapi bila membutuhkan daya yang lebih besar, silakan tekan tombol Power Mode yang membuat putaran mesin lebih tinggi sehingga kapan pun pedal gas ditekan, tenaga siap untuk langsung mengantarkan mobil melaju lebih agresif.

Fortuner VRZ juga telah dilengkapi dengan paddle shift di belakang kemudi yang membuat pengendara bebas mengatur ritme perpindahan transmisi sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Baca juga: Dua SUV Toyota Kawal Perjalanan Merapah Tans Jawa 2019

Dari sisi sensasi berkendara, ternyata di balik bodi yang cukup besar Fortuner mampu memberikan kemudahan dalam pengendalian. Sistem kemudi cukup nyaman dikendarai, apalagi dengan kehadiran Telescopic Steering yang memudahkan untuk mendapatkan posisi ternyaman ketika berada di balik setir untuk mengendarainya.

toyota Fortuner melintasi Tol Cipali dalam Merapah Trans Jawa 4.0 2019Kompas.com toyota Fortuner melintasi Tol Cipali dalam Merapah Trans Jawa 4.0 2019

Semua fitur hiburan yang ada pada headunit serta informasi soal kendaraan juga sudah bisa diakses langsung dari kemudi melalui ibu jari. Dengan demikian pengendara tak perlu repot lagi melepas gengaman untuk mengutak-atik audio saat akan mendengarkan lagu favorit, dan tentunya fitur tersebut membuat tetap fokus ketika berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com