Uji Tipe Kendaraan Lebih Cepat dengan E-SRUT

Kompas.com - 23/05/2019, 18:22 WIB
Mobil BMW M850i xDrive Coupe M Carbon terlihat saat peresmian di Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2019). BMW M850i xDrive Coupe M Carbon ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 4.400 cc V8 Twin Turbo dan dibanderol Rp 3.709.000.000 belum termasuk pajak alias off the road. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMobil BMW M850i xDrive Coupe M Carbon terlihat saat peresmian di Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2019). BMW M850i xDrive Coupe M Carbon ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 4.400 cc V8 Twin Turbo dan dibanderol Rp 3.709.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mulai menyosialisasikan E- SRUT atau Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) online. Dengan melakukan E-SRUT proses yang sebelumnya memakan waktu bisa dipangkas.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan dengan E-SRUT tidak lagi memerlukan kertas. Data yang diperlukan juga lebih mudah dicari karena sistemnya elektronik.

Baca juga: Kemenhub Terbitkan Larangan Merokok saat Naik Motor

"Dari pihak APM cukup mengupload data, maka sistem akan berkerja. Pelayanan lebih cepat. Karena keluhan sekarang itu antara faktur dan SRUT suka balapan. Kita harapkan dengan ini bisa cepat selesai setelah pendaftaran kendaraan di regiden (registrasi dan identifikasi)," kata Dewanto, di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Dewanto mengatakan, dengan adanya E-SRUT diharapkan proses dan waktu saat mendistribusikan SRUT bisa ditekan. SRUT yang masih memakai surat bisa memerlukan banyak tempat dan memakan waktu karena harus didistribusikan manual.

Saat ini lanjut Dewanto, Kemenhub juga sedang menjajaki kerjasama dengan Korlantas Polri untuk berbagai data yang dibutuhkan. Sehingga proses pertukaran data yang dibutuhkan suatu kendaraan bisa lebih cepat.

Baca juga: Terlalu Lebar, Kemenhub Minta Bus Listrik Transjakarta Diperbaiki

"Sekarang kita juga sedang menjajaki kerjasama dengan Korlantas untuk memverifikasi dengan data yang dimiliki Korlantas. Ada MoU untuk membagi apa yang mereka bisa lihat dan kami juga lihat," kata Dewanto.

Sertifikat Registrasi Uji Tipe merupakan salah satu syarat kendaraan untuk mendapat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari Kepolisian. SRUT hanya terbit ketika produk tersebut memiliki Surat Uji Tipe (SUT).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X