Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2019, 11:23 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

CILEGON, KOMPAS.com - Agenda tahunan redaksi Kompas.com menelusuri jalur utama mudik jelang Lebaran kembali digelar. Masih sama dengan tahun sebelumnya, di 2019 ini redaksi masih mengusung nama Merapah Trans Jawa (MTJ) 2019 4.0 dengan tagline "Mudik Asyik, Mudik Inspiratif".

Meski demikian, tentu ada perbedaan signifikan dari informasi yang disajikan. Pasalnya pada musim mudik kali ini seluruh ruas Tol Trans Jawa sudah resmi tersambung dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 965 kilometer (km), artinya sudah tidak ada lagi ruas yang berstatus fungsional seperti tahun lalu.

Selain tersambung, Tol Trans Jawa pun juga sudah resmi bertarif. Redaksi akan menjajal dan menginformasikan mengenai kenyamanan berkendara, kelayakan jalan, sampai fasilitas apa saja yang disajikan pada tol ini mulai dari titik nol kilometernya, yakni Gerbang Tol Merak di Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Baca juga: Fortuner Dominasi Ekspor Toyota 2018

Toyota Fortuner dan Rush kawal perjalanan tim Merapah Trans Jawa 2019 Toyota Fortuner dan Rush kawal perjalanan tim Merapah Trans Jawa 2019

Beda dengan tahun lalu, kali ini perjalanan redaksi Kompas.com dengan jumlah delapan personel akan ditemani dengan dua sport utility vehicle (SUV) keluaran Toyota, yakni All New Fortuner VRZ dan Rush.

Keduanya akan memanjakan redaksi selam 15 perjalanan, mulai dari sisi kenyamanan kabin sampai dengan performa mesin. Seperti diketahui, Fortuner VRZ dibekali dengan mesin diesel baru 2.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 tk dan torsi 400 Nm.

Sementara untuk Rush sendiri mengusung mesin VVT-i berkubikasi 1.500 cc 4-silinder segaris, DOHC yang mampu mengantarkan tenaga sebesar 104 ps dan torsi 13,9 Nm. Tidak hanya tampilan dan mesin baru, Rush juga kini mengusung fitur Hiil Start Assist (HSA) yang membuatnya makin lengkap sebagai SUV keluarga.

Merapah Trans Jawa 4.0 Tol Merak Merapah Trans Jawa 4.0 Tol Merak

"SUV punya unsur beda dari MPV, ketika digunakan ada daya tarik tersendiri. Kami ingin melihatkan bila mobil keluarga tidak selalu MPV, SUV pun kini sudah bisa digunakan mudik bagi masyarakan Indonesia," ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, sebelum melepas tim MTJ 4.0 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.